Sukses

Gatal Seluruh Tubuh Saat Hamil
14 Agu 2017, 05:40 WIB
Pria, 24 tahun.

Saya mnderita gatal2 di sekujur tubuh. Hampir setiap hari dan setiap waktu hingga saya tidak tahan krna sering menggaruk dan hingga luka2. Smpai2 jg sulit tidur malam karna gatal . Saya sedang hamil 14 minggu . Kira2 knpa ya dokter ? Apa yg harus saya lakukan ? 😢

Terimakasih telah bertanya tentang gatal saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Pada kehamilan, akibat perubahan hormon, dapat terjadi perubahan pada kulit, rambut dan kuku baik yang normal maupun yang tidak normal. Untuk kondisi Anda, masih banyak kemungkinan yang mendasarinya. Gatal-gatal yang terjadi perlu dilihat pada trimester berapa kehamilan, bagaimana awal terjadinya, di mana saja sebarannya, dan apa keluhan lain yang menyertainya.

Gatal saat hamil kerap disebabkan oleh faktor hormonal, adanya alergi (eksim), biang keringat, kulit yang meregang (stretching) akibat pembesaran perut, dan akibat sumbatan saluran empedu saat hamil (intrahepatic cholestasis of pregnancy/ICP). 

Di samping itu, juga bisa terjadi penyakit kulit seperti:

  1. Prurigo pada kehamilan - berupa papul (bentol) yang gatal, bisa terjadi pada trimester berapapun. Biasanya diatasi dengan penggunaan pelembab dan steroid topikal.
  2. PUPPP (Pruritic Urticated Papules and Plaques of Pregnancy) - sering terjadi pada kehamilan pertama dan yang memiliki banyak anak sebelumnya. Terjadi pada trimester ketiga dan akan hilang beberapa hari setelah melahirkan. Bentol/gatal berwarna kemerahan, awalnya muncul di daerah perut yang kemudian menyebar ke dada dan lengan atas. Penggunaan pelembab, steroid topikal dan antihistamin dapat membantu.
  3. Pemphigoid gestationis - kulit melenting, paling sering muncul di trimester kedua (minggu ke-13 s/d 26 kehamilan). Gatal-gatal yang terjadi utamanya di sekitar perut namun bisa menyebar ke seluruh tubuh. Jika luas, umumnya diberikan steroid oral.

Gatal-gatal di seluruh tubuh saat hamil juga disebabkan oleh biang keringat. Biang keringat biasanya muncul ketika cuaca panas atau lembap. Pada kasus ini, terjadi sumbatan kelenjar keringat sehingga keringat terjebak dan menimbulkan iritasi pada kulit. Keluhannya lebih terasa pada area yang tertutup pakaian. 

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan jika disebabkan oleh biang keringat:

  • Hindari paparan panas dan lembap yang berlebihan. Bila harus bepergian di luar rumah, gunakan payung atau topi untuk mencegah paparan panas yang berlebihan.
  • Konsumsi lebih banyak air minum untuk menghindari dehidrasi.
  • Gunakan pakaian yang berbahan katun dan longgar agar menyerap keringat.
  • Jaga kulit Anda tetap sejuk dengan mandi air biasa/dingin. Berada di dalam ruangan berpendingin selama beberapa jam sehari juga dapat mengurangi keluhan. Bila perlu gunakan kompres dingin, namun jangan lebih dari 20 menit.
  • Gunakan lotio calamine untuk menyejukkan dan mengurangi iritasi pada kulit.
  • Bila gatal sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi antihistamin seperti CTM yang aman untuk ibu hamil.

Untuk mengetahui penyebab gatal-gatal Anda secara lebih pasti, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter spesialis kulit. Di samping itu, obat minum dan obat oles untuk ibu hamil tidak bisa sembarangan dan penggunaannya harus selalu didiskusikan dengan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gatal saat hamil. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar