Sukses

Telat Haid dan Indung Telur Membesar
14 Agu 2017, 04:49 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok..saya telat haid 4blan.yp tas pack negatif.trus usg kd dokternya saya tidak hamil tapi indung telur saya membesar.saya jd bingung.mksh dokter.

Terimakasih telah bertanya tentang telat haid dan kista ovarium melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda. 

Anda telah mengalami telat haid selama 4 bulan. Dalam dunia medis, yang Anda alami disebut dengan amenore (tidak haid). Secara normal, wanita tidak mengalami haid sebelum pubertas, selama kehamilan, dan setelah menopause. Apabila tidak haid didahului dengan riwayat haid yang normal, kemungkinan ini merupakan gejala dari kondisi yang menyebabkan tidak haid. Pada kasus Anda, tidak haid ini dihubungkan dengan pembesaran indung telur (ovarium) atau kista ovarium.

Kista ovarium dan gangguan haid kerap berhubungan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau lebih dikenal dengan sebutan PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

PCOS terjadi pada 5-10% wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas) pada wanita. Pada PCOS, sel telur membentuk kista-kista di dalam ovarium (indung telur) sehingga tidak bisa dibuahi.

Gejala utama dari penderita PCOS yaitu adanya gangguan pada siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen), seperti berjerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutisme), dll. Namun, beberapa wanita mungkin tidak merasakan adanya gejala-gejala PCOS selain mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas).

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan konsultan fertilitas (SpOG-KFER) untuk dilakukan evaluasi. Jangan tunda untuk memeriksakan diri. Makin cepat ditangani, makin baik.

Baca juga: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar telat haid dan kista ovarium. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar