Sukses

Ciri-ciri Alergi Susu Sapi
14 Agu 2017, 04:31 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok, sy mau tanya... Baby saya usia 4bln coba d kasih sufor karna puting saya lecet, namun tetap di kasih ASI jg. Jadi campur, masalahnya timbul bercak merah di wajah bagian pipi, di tangan 1 biji seperti bentol, di pundak jg sedikit seperti di gigit nyamuk. Apakah itu alergi susu sapi? Untuk pencernaan tdk diare. Apa perlu di bawa k dokter atau ada solusi lain dok?

Terima kasih telah bertanya tentang ciri-ciri alergi susu sapi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Alergi susu sapi merupakan reaksi sistem pertahanan tubuh terhadap faktor (fraksi protein) yang terkandung dalam susu. Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) dan sebagian lainnya gejalanya baru muncul setelah beberapa waktu (reaksi lambat).

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),

Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan

Saluran pernapasan (4-25%).

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

- Sakit perut

- Mual

- Muntah

- Sesak napas atau mengi

- Ruam, bengkak, gatal pada kulit

- Diare

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya).

Penyebab anak Anda mengalami bercak di wajah dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, benar salah satunya adalah alergi susu sapi. Namun untuk memastikannya saya sarankan Anda mmeriksakan anak Anda langsung ke dokter anak. Bila memang benar alergi susu sapi, dokter akan menyarankan untuk menghindari paparah susu sapi untuk sementara waktu. 

Demikianlah jawaban yang kami berikan mengenai ciri-ciri alergi susu sapi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar