Sukses

Nyeri Saat Buang Air Kecil
14 Agu 2017, 04:31 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamu'alaikum. Sya mau tanya Dok. Sya hbis melahirkan sudh brjlan 4buln. Sbelum hamil sya punya riwyat keputihan smpai berjamur d area kewanitaan sya. Nach pda buln k 4 sya merasa ad yg aneh pda vagina sya. Terasa ad duri yg menancap d ujung vagina sya tepatny d atas saluran kemih. Tiap kali sya buang air kcil dan ingin membasuhny pasti sakit sperti ada duri yg menancap, jd ini ap efek hbis melahirkan atau ad hal lain dok? Satu lagi sewaktu sya melahirkan sya tdk dpat buang air kcil mka pkai cara d selang. Trimksih Dok.

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri saat buang air kecil melalui fitur Tanya Dokter.

Buang air kecil yang nyeri salah satu kemungkinan penyebabnya adalah infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur dengan jumlah yang signifikan. Tingkat signifikansi jumlah bakteri dalam urin lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan gejala ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin.

Bila memang Anda menderita infeksi saluran kemih, kami sarankan Anda jangan terlalu sering menahan kencing dan banyak minum air untuk membantu membilas kuman yang bersarang di saluran kemih anda. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait nyeri saat buang air kecil . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar