Sukses

Gigi Ditambal Malah Gusi Bengkak
14 Agu 2017, 01:38 WIB
Wanita, 26 tahun.

Assalamu'alaikum. Mohon maaf dok menganggu, saya mau konsultasi mengenai gigi taring yang beberapa bulan lalu di tambal. Namun sekarang gigi taring yang ditambal itu gusinya bengkak. Sebelumnya drg yang menambal mengatakan bahwa gigi sy sudah mati, jadi kalau mau ditambal juga tidak berefek apa2. Dan disarankan dicabut saja. Tetapi saya mengambil keputusan untuk yidak dicabut karena gigi taringnya terletak di depan, sehingga tetap dipertahankan dan diambil tindakan tambal gigi. Dan ada satu pertanyaan lagi dok, setelah pemeriksaan gigi tsb, saya mengganti pasta gigi yang kira2 cocok untuk gigi sensitif seperti sensodyne. Tapi setelah pemakaian pasta gigi tsb, gigi terasa linu sekali. Menurut dokter gigi bagaimana ya? Terima kasih dok, kiranya dokter bisa membantu memberikan solusi saya🙏

Terimakasih telah bertanya seputar gigi ditambal malah gusi bengkak melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Kemungkinan besar karies pada gigi yang Anda keluhkan sudah terlanjur dalam, lama tidak dirawat dan sudah mencapai pulpa. Jika karies sudah mencapai pulpa, sebetulnya gigi tersebut tidak boleh langsung ditambal permanen, tapi harus terlebih dulu dilakukan perawatan saluran akar (perawatan syaraf) untuk mensterilkan mahkota dan saluran akar gigi dari bakteri dan sel-sel yang mati. Jika gigi langsung ditambal tanpa perawatan syaraf, maka bakteri tetap ada di dalam gigi dan melanjutkan infeksinya hingga ke saluran akar dan berlanjut merusak jaringan penyangga gigi yang meliputi gusi dan tulang. Akibatnya terjadilah abses yaitu rongga yang berisi nanah di sekitar ujung akar gigi yang bersangkutan, kemungkinan besar itulah yang terjadi pada gigi Anda.

Bila gigi taring ingin dipertahankan kami sarankan untuk melakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu. Dan mengenai pemakaian pasta gigi sebisa mungkin disesuaikan dengan keadaan gigi anda, diskusikan dengan dokter gigi anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi ditambal malah gusi bengkak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar