Sukses

Gejala Maag
13 Agu 2017, 23:43 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok mengapa setelah saya berhenti merokok saya sering mengalami perut kembung,sesak nafas,seperti masuk angin sampai berkeringat dingin,beberapa kali sering ke dokter/puskesmas diberi obat setelah obat habis sesak dan kembungnya kembali lagi,penyebab dan solusinya bagaimana ya dok? terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar sakit maag melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag kronis merupakan kondisi dimana penyakit maag itu berulang dan sudah berlangsung lama walaupun sudah dilakukan pengobatan. Maag sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan, dll. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan luka, bahkan ulkus (luka dalam pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama. Jadi penyebab dari maag yang lama bisa juga oleh ulkus tersebut ataupun memang asam lambung mudah meningkat.

Selain luka, nyeri di ulu hati dan perasaan seperti ada panas yang naik ke esophagus dapat disebabkan oleh kondisi GERD (gastro esophageal reflux disease) yaitu dimana asam lambung Anda naik ke leher oleh karena keadaan dimana pintu atas lambung Anda kendur saat Anda tiduran. Keadaan ini membutuhkan pengobatan yang lama.
Bila keadaan maag Anda sangat menggangu coba saja lakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter spesialis penyakit dalam dan melakukan pemeriksaan penunjang yang disarankan oleh dokter tersebut, contohnya adalah endoskopi.
Untuk tatalaksana awal maag yang Anda dapat lakukan adalah :

* Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

* Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

* Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

* Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

* Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

* Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.


Bila keluhan maag kambuh dan nyeri tidak tertahankan, dapat diberikan obat-obatan berupa obat anti-mual serta obat maag, seperti golongan H2 blokcer (contohnya adalah ranitidine), PPI (contohnya adalah omeprazole, atau pantoprazole). Obat seperti antacid juga sangat berguna untuk mengurangi gejala. Obat-obatan yang diberikan pada penderita maag memiliki cara kerja yang berbeda-beda untuk mengatasi gejala sesuai dengan kebutuhan, ada yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung, melindungi mukosa asam lambung, mengurangi produksi ataupun memblok produksi asam lambung. Untuk mendapatkan pengobatan tersebut, harus didahului dengan pemeriksaan klinis mulai dari wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan penunjang yang dilakukan langsung oleh dokter.


Demikian informasi seputar sakit maag yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar