Sukses

Riwayat Cedera Ankle
13 Agu 2017, 22:41 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok mohon pencerahan. Okt 2010 saya kecelakaan jatuh dr ktinggian 3.5m, akibatnya sy cidera pd ankle (ada yg retak), sdh digips selama 3bln. Kebetulan saat itu saya sdg hamil sehingga stlh gips dilepas tdk bs dixray lagi. Namun setelah dilepas gips kaki masih ngilu2. Akhirnya saya cr second opinion, tp dr kdua tdk berani melakukan xray dn tidak memberikn obat apapun kecuali meminta menggunakan bebat. Sekarang sy sdh melahirkan, saya cek ke dr ortho, infonya ankle saya geser dan disarankan untuk operasi. Saya trauma dan tdk mau operasi, dok. Apakah ada jalan lain selain operasi? Apakah konsekuensi jika saya tidak operasi? Jika operasi, apakah dilakukan bius total? Bagaimana mengurangi sakit post op? Apa saja yg mungkin dilakukan saat op? (Pasang pen/kawat/bagaimana)? Berapa persen kemungkinan untuk sembuh dok jika dilakukan? Kira2 berapa lama pulih dok? Terima kasih banyak dok.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya seputar cedera ankle melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kondisi ngilu tersebut memang sangat mengganggu. Sebenarnya keputusan untuk harus dioperasi atau tidak itu tergantung kondisi dari cedera Anda. Sebesar apakah retaknya? Apakah retak tersebut sudah menyambung kembali? Kalau memang retak tersebut tidak menyambung, maka mungkin memang perlu dilakukan operasi. Kalau dibiarkan bisa akibatnya jangka panjang, akan terjadi penuaan atau arthritis pada sendi ankle Anda lebih cepat. 

Operasi bisa dilakukan bius total atau bius spinal. Mengurangi sakit post op dapat dibantu dengan obat dan terapi. Untuk detail operasinya seperti apa akan sangat tergantung pada kondisi Anda, lebih baik tanyakan ke dokter ortho Anda.

Anjuran saya coba cari second opinion dari dr ortho yang lain. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar