Sukses

Cepat Hamil Setelah Keguguran
13 Agu 2017, 21:34 WIB
Wanita, 23 tahun.

Mlm dok,mw tanya saya pernah mengalami keguguran 7 bln yg lalu,tapi kenapa sampai sekarang saya belum hamil juga bahkan siklus haid saya tidak teratur..kenapa ya dok Padahal saya sangat ingin punya momongan dok..

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang kehamilan setelah keguguran menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kuret bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Umumnya dalam seminggu setelah keguguran, kesuburan akan kembali normal (bila tidak ada komplikasi). Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jadi sebenarnya bila sudah mendapat haid setelah keguguran, sudah bisa berhubungan lagi. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi.

Saran kami, sebelum Anda dan suami merencanakan untuk punya anak, konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu kepada dokter spesialis kandungan yang menangani Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar