Sukses

Penyebab Nyeri Sendi
13 Agu 2017, 20:59 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok saya mau tanya ketika saya bangun tidur, sendi lutut kaki kanan saya sakit dan terasa pegal ketika diperiksa darah dan urine dokter mengatakan tidak ada masalah, mungkin hanya kecapaian. Kemudian 1 minggu kemudian saya mendapati kaki saya terasa bengkak, nyeri, memar-memar dan ada bercak bercak biru pada uratnya. Selain itu saya sering kebas ditangan saat sedang tidur. Apakah itu varises? Sebelumnya saya juga mengalami gangguan pencernaan, dada saya sering terasa sakit, kram perut... apakah gejala sakit saya ini ada mengindikasikan penyakit yg berbahaya?

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri sendi melalui fitur Tanya Dokter

Penyebab kaku dari sendi dapat bermacam-macam namun penyebab paling sering adalah Rheumatoid Arthritis (Rematik). Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Keluhannya terutama berupa kaku pada pagi hari yang dapat bertahan sampai 30 menit dan kemudian menghilang, bengkak, nyeri bila ditekan, kulit kemerahan, demam. Penyakit ini paling sering menyerang sendi-sendi kecil.

Karena kurangnya data dan keterbatasan fitur layanan konsultasi ini untuk dapat melakukan pemeriksaan fisik, kami menganjurkan Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, oleh karena untuk mendiagnosa pasti keluhan Anda diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang (kadar asam urat, rheumatoid factor, laju endap darah, dll). Dengan demikian, diagnosa pasti dan tatalaksana yang optimal dapat dilakukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait nyeri sendi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar