Sukses

Kapan Mulai Merawat Gigi Si Kecil
13 Agu 2017, 18:35 WIB
Pria, 31 tahun.

pagi Dok akukan punya si kecil umur 3th dia mengalami gigi gingsul pada gigi depan apakah berbahaya jika dibiarkan atau harus dicabut? mohon penjelasannya dok

Terimakasih telah bertanya seputar kapan mulai merawat gigi si kecil melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Merawat gigi si kecil sudah harus dimulai pada saat gigi susu pertama kali muncul. Untuk merawat gigi anak supaya tidak rusak, alangkah baiknya anda perhatikan hal-hal berikut ini:

- Jangan menggunakan alat makan yang sama. Sebaiknya pisahkan alat makan seperti sendok, garpu, dan alat makan lainnya antara Anda dan sang buah hati. Pemakaian alat makan yang sama dapat menyebabkan perpindahan bakteri ke mulut sang buah hati.

- Upayakan Anda selalu membersihkan gigi dengan menyikat atau membersihkannya minimal dua kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur malam.
- Hentikan kebiasaan minum susu dari dot Bila sang buah hati mulai berumur lebih dari 6 bulan, secara perlahan, stop kebiasaan minum susu dari dot apalagi sampai bayi tertidur . Sisa-sisa susu yang menempel pada dot mengandung gula yang bisa menempel pada gigi sang buah hati.
Jaga kebersihan rongga mulut Bersihkan rongga mulut sang buah hati selesai makan atau menyusui. Setelah giginya tumbuh, gunakan sikat gigi khusus bayi (finger toothbrush) atau dapat mengunakan kain kasa steril dengan air hangat untuk membersihkan giginya.
- Bersihkan juga bagian lidahnya, karena kuman banyak bersembunyi di permukaan lidah. Jika anak sudah beranjak besar dan dapat menyikat gigi, untuk kenyamanan dan kesehatan gigi & gusi si kecil, gunakan pasta gigi khusus anak berfluoride rendah dengan takaran sebesar biji kacang. Ganti sikat gigi anak bila bulu sikat sudah mulai mekar, krang lebih 3 bulan sekali.
- Ajak anak untuk ikut anda kontrol ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali. Dengan membiasakan anak sedini mungkin mengenal suasana di dokter gigi akan membantu dalam pembentukan perilaku yang kooperatif saat anak menerima perawatan gigi kelak.
- Jauhkan sang buah hati dari asap rokok. Asap rokok tidak baik untuk kesehatan, baik bagi Anda maupun sang buah hati.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai kapan mulai merawat gigi si kecil, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar