Sukses

Berat Badan Janin Kembar Usia 33 Dan 34 Minggu
13 Agu 2017, 14:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

Hallo dok, saya sedang hamil janin kembar dgn usia 33-34w (karna selisih 1w antara kedua janin). Saya sudah naik hampir 30kg, dan kini bb kedua janin menurut hasil usg sekitar 1.800gr. Apakah janin dgn usia dan bb tersebut bisa dikatakan ideal? Baiknya brp minggu sekali saya harus periksa ke dokter? Dokter saya sudah menyarankan agar persalinan dilakukan secara secar. Terimakasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Berat Badan Janin Kembar Usia 33 Dan 34 Minggu  melalui Tanya Dokter 

 

Halo, kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda, semoga diberikan kelancaran sampai saat persalinan nanti.

Pada saat usia kehamilan mencapai 33 minggu, Berat badan janin normal sekitar 1,9-2 kg saat ini dengan panjang total badan 41-42 cm.

Pada saat usia kehamilan mencapai 34 minggu, Berat badan janin normal sekitar 2 - 2,1 kg saat ini dengan panjang total badan 43 cm.

Selama 2 triwulan pertama kehamilan, janin kembar berkembang pada kecepatan yang sama dengan janin tunggal. Namun, pada triwulan terakhir, jumlah berat badan kedua janin sama dengan berat badan satu janin pada kehamilan tunggal. Dengan kata lain, berat badan janin tunggal terus meningkat sampai minggu ke-40 kehamilan, sedangkan peningkatan berat badan pada janin kembar menurun mulai minggu 30 - 32 kehamilan. Karena itu, bayi kembar cenderung lebih kecil dibandingkan bayi tunggal yang lahir pada usia kehamilan yang sama

Perlu diketahui bahwa berat janin pada USG dapat saja terjadi kesalahan pengukuran. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG beberapa kali untuk melihat laju pertumbuhan janin. 

Tidak ada batasan pasti kapan wanita hamil melakukan USG. Dalam keadaan normal, seorang wanita perlu melakukan minimal 4 kali pemeriksaan USG selama kehamilannya, yaitu :

Pemeriksaan pertama pada usia kehamilan sekitar 7 minggu untuk mengkonfirmasi kehamilan, menyingkirkan kemungkinan hamil diluar kandungan, melihat denyut jantung janin dan mengukur panjang janin (crown-rump length)

Pemeriksaan kedua saat usia kehamilan trimester kedua untuk mendeteksi adanya cacat janin. Pada usia ini, ukuran janin sudah cukup besar sehingga dokter dapat mendeteksi kelainan anatomi janin dengan lebih akurat. Disamping itu, pemeriksaan USG kedua ini juga bertujuan untuk memastikan diagnosis hamil kembar, mengevaluasi pertumbuhan janin dan letak plasenta

Pemeriksaan ketiga dan ke empat saat janin masuk usia trimester ketiga untuk mengevaluasi ukuran dan berat janin (pertumbuhan janin), mendeteksi lebih lanjut kelainan janin, posisi plasenta (ari-ari)

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan 

Tips untuk hamil kembar:

1. Periksakan kehamilan Anda lebih rutin

Anda perlu memeriksakan kehamilan lebih rutin untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda, monitor kesehatan Anda dan memperhatikan tanda-tanda persalinan preterm (persalinan yang terjadi pada usia kehamilan 20-37 minggu).

2. Nutrisi

Anda perlu memperoleh asam folat, kalsium, zat besi, protein dan nutrisi esensial lebih banyak. Konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda terkait hal ini.

3. Berat badan

Pertambahan berat badan yang sesuai dapat memdukung kesehatan bati Anda. Pada kehamilan kembar,penambahan berat badan yang direkomendasikan adalah 17-25 kg untuk wanita yang memiliki berat badan ideal sebelum kehamilan, hal ini berarti dengan memperoleh penambahan ekstra 600 kalori.

4. Perhatian khusus

Tanyakan dengan dokter Anda apakah Anda perlu membatasi aktivitas seperti: pekerjaan, berpelesir dan aktivitas fisik, seiring dengan kehamilan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Berat Badan Janin Kembar Usia 33 Dan 34 Minggu, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar