Sukses

Kemerahan Dalam Vagina Setelah Senggama
13 Agu 2017, 17:59 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, apakah ada alergi yang terjadi di bagian dalam alat kelamin wanita setelah berhubungan intim, walau sudah terproteksi? Didalam daerah kemaluan menjadi gatal dan timbul benjolan2 kecil dengan warna kulit yang seharusnya tidak ada. Atau ada alergi dengan karet proteksi maupun pelumas? Terima kasih dok

Terima kasih sudah bertanya mengenai  alergi kondom melalui fitur Tanya Dokter

Penelitian menyebutkan bahwa sekitar 1% populasi yang alergi terhadap lateks –bahan dasar kondom– bisa terkena alergi kondom. Semakin sering seseorang tepapar bahan tersebut, maka semakin besar kemungkinan alergi akan terbentuk.

Gejala awal dan paling ringan dari alergi kondom adalah gatal serta kemerahan pada daerah kemaluan, baik pada pria maupun wanita. Ini serupa dengan dermatitis atopi.Namun alegi kondom tentu saja terjadi di area kemaluan, atau area lain yang berkontak langsung dengan kondom. Pada tingkat yang lebih parah, gatal dan kemerahan tersebut dapat berlanjut menjadi sensasi panas, ruam, hingga terasa nyeri.

Kondisi lain misalnya peradangan akibat iritasi terhadap sabun vagina, pembalut, ataupun sejumlah infeksi oleh virus atau bakteri bisa memunculkan gejala yang sama. Memang semestinya dengan hubungan senggama yang terproteksi harusnya penularan penyakit infeksi berkaitan hubungan seksual, kemungkinannya menjadi kecil. Akan tetapi, kami tetap menyarankan Anda untuk tetap memeriksakan diri pada dokter spesialis kulit dan kelamin supaya dapat diketahui penyebab kelainan dengan lebih pasti sehingga penanganan yang diberikan bisa tepat sasaran.

Demikian jawaban yang kami dapat berikan mengenai alergi kondom. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar