Sukses

Luka Operasi Usus Buntu Kering
13 Agu 2017, 14:39 WIB
Pria, 18 tahun.

Saya mau nanya Dok, saya operasi ususbuntu pada hari rabu, dan hari kamis nya saya di bolehkan pulang(dengan keadaan bekas operasi terperban). hari sabtu nya saya coba untuk buka perban nya, ternyata luka bekas operasi sudah kering Dok. apakah luka yang sudah kering masih harus di perban kembali Dok?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih atas pertanyaan Anda mengenai Luka Operasi Usus Buntu Kering melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Sekitar 0-1 minggu pasca operasi, luka biasanya masih basah, bisa timbul nyeri, dan keluar cairan dari luka. Hal tersebut wajar terjadi, lama-kelamaan luka akan mengering dan cairan yang keluarpun akan semakin berkurang. Selama pada luka tidak terdapat cairan yang keluar seperti nanah, nyeri, dan berbau tidak enak maka seharusnya tidak masalah. Apabila luka Anda sudah kering, menandakan hal yang baik. Namun, kami sarankan tetap melakukan pemasangan verban sampai dokter yang melakukan operasi Anda menilai secara langsung kondisi luka Anda dan menyatakan verban sudah tidak perlu digunakan. Umumnya luka tidak boleh terkena air selama 1 minggu, namun tergantung pada kondisi luka Anda.

Proses penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan, Anda tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih. Kunjungi lah dokter yang melakukan operasi Anda untuk melihat perkembangan proses penyembuhan luka.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan Luka Operasi Usus Buntu Kering. Semoga bermanfaat. 

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar