Sukses

Penyebab Kadar Kolestrol Tinggi
13 Agu 2017, 14:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat malam dok, saya izza ingin menanyakan. Saya kan akhir-akhir ini sering pusing. Lalu saya cek ternyata kolesterol saya tinggi 261 mg/dl. Dan tiap saya kalau habis makan itu kok masih terasa lapar tidak kenyang. Itu kenapa ya dok?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh sebenarnya tidak memberikan gejala apapun. Pada beberapa orang yang sensitif biasanya akan timbul gejala sakit kepala, akan tetapi hal ini tidak terjadi pada kebanyakan orang.

Kolesterol tinggi banyak diderita oleh penduduk perkotaan. Pola makan berlemak, gaya hidup tidak sehat, kesibukan kerja, banyak menyumbang peranan di dalam peningkatan kolesterol. Penyebab kolesterol tinggi sebenarnya adalah pola makan berlebihan, dalam hal ini terutama yang mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, keju, mentega, dan kuning telur.Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara genetik, disebut familial hypercholesterolemia. Selain itu, semakin tua usia seseorang maka kolesterol LDL (kolesterol jahat) cenderung meningkat terutama pada wanita menopause. Jadi, tidak semata-mata hanya makan daging saja yang dapat menyebabkan peningkatan kolesterol. Selain jenis makanan lain, juga gaya hidup yang kurang olahraga dapat menjadi penyebabnya.

 

Cara terbaik untuk mengurangi kolesterol adalah melalui olahraga dan perubahan pola makan. Olahraga yang disarankan adalah olahraga jenis aerobik intensitas sedang. Perubahan pola makan meliputi penggantian menu-menu makanan yang biasa anda makan.

Olahraga

Olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang benar-benar memanfaatkan jantung dan paru paru, contohnya adalah senam, jogging, zumba,bersepeda, body combat, angkat beban,dl. Durasi yang disarankan adalah minimal 30 menit sekali olahraga,atau minimal 2 jam dalam semingu. Atau untuk memudahkan, jangan biarkan diri anda 2 hari berturut turut tanpa olahraga. Olahraga tidak hanya dapat mengurangi kolesterol, melainkan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membakar lemak.

Perubahan pola makan

Ubahlah makanan yang biasa anda konsumsi. Hindari snack-snack yang mengandung gula seperti cemilan biskuit, roti-rotian, kue dll. Gantilah snack anda dengan buah-buahan. Batasi konsumsi makanan gorengan anda, untuk memudahkannya contoh, anda boleh makanan yang digoreng hanya pada hari tertentu seperti sabtu atau minggu saja. Hindari menggunakan minyak sayur untuk memasak, gantilah dengan minyak zaitun (olive oil). Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi omega 3 seperti salmon, ikan kod, alpukat, kacang almond dll. Makanan tersebut dapat membantu mengurangi kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung.

Lapar Walau Sudah Makan

Sebelumnya, kami ingin bertanya terlebih dulu apa aktivitas Anda sehari-hari? Apakah Anda sedang mengalami stres atau kelelahan? Bagaimana dengan pola makan Anda apakah teratur? Apa saja jenis makanan yang Anda makan, apakah lebih banyak makan makanan manis, makanan berat, atau junk food? Apakah istirahat Anda cukup?

Rasa lapar bisa disebabkan oleh lambung kosong atau saat kondisi tubuh hipoglikemia (kadar gula rendah) yang akan memberi sinyal ke otak untuk makan. Selain itu, mencium bau makanan juga dapat memicu rasa lapar. Rasa lapar merupakan hal yang normal terjadi.

Namun, jika Anda tidak dapat mengontrol nafsu makan dan terus menerus merasa lapar, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu:

  • Terlalu banyak makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi/minuman bersoda
  • Kurang tidur: kurang tidur selain memperlambat metabolisme tubuh juga dapat merangsang hormon ghrelin yang memicu rasa lapar
  • Stress/bosan
  • Tidak sarapan
  • Mengalami diabetes atau hipertiroid
  • Aktivitas fisik berat atau kelelahan
  • Cobalah untuk tidur teratur minimal 8 jam setiap harinya agar tidak mengantuk pada siang harinya dan meningkatkan metabolisme tubuh. Biasakan untuk selalu sarapan pada pagi hari dengan makanan tinggi protein. Makanan tinggi protein akan memberikan sinyal kenyang lebih lama ke otak. Jika sedang bosan, cobalah ngemil buah-buahan, jangan makanan yang mengandung tinggi gula.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar Penyebab Kadar Kolestrol Tinggi. Semoga bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar