Sukses

Memilih Metode KB Yang Tepat
13 Agu 2017, 14:39 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok,saya kan pake kb nya pil,tp ga prnah haid,tp klo d suntik yang 3bln haid trus mnurus, ada haid 3mnggu full tapi darah nya cuma sdkit,saya bngung kb yang pling cocok kb apa ya?mhon jawaban nya

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar Memilih Metode KB Yang Tepat melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Beberapa pilihan alat kontrasepsi yang bisa digunakan, yaitu pil KB, Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR/IUD), suntik KB, implan, dan metode konvensional (menghitung masa subur dengan sistem kalender). Pada usia di atas 35 tahun, seorang wanita tidak dianjurkan untuk hamil lagi karena tingginya risiko komplikasi kehamilan. Metode kontrasepsi pilihan adalah kontrasepsi mantap, atau yang sering disebut sterilisasi. Kontrasepsi mantap dapat berupa tubektomi untuk wanita atau vasektomi untuk pria. Selain metode ini, metode kontrasepsi seperti AKDR, suntik KB, pil KB, implan, dan metode konvensional juga tetap dapat digunakan walau tidak dianjurkan.

Metode KB juga bergantung dengan kebutuhan anda. Setiap metode KB memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Metode KB yang Anda gunakan sebelumnya bersifat hormonal, dan dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi. Namun, tidak selalu sama pada setiap orang. Apabila Anda tidak merasa nyaman, Anda dapat mengganti metode KB dengan metode lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau membaca artikel kami mengenai jenis-jenis KB yang ada.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar Memilih Metode KB Yang Tepat, Semoga bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar