Sukses

Ejakulasi di Luar, Bisa Hamil?
13 Agu 2017, 10:46 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hallo dok saya punya keluhan, bulan lalu sebelum haid berakhir saya sempat bersetubuh dengan suami saya tetapi suami saya keluarin di luar dok, nah saya bingung apakah saya bakal hamil, soalnya menstruasi tak kunjung datang dan saya sudah testpack pada bulan ini selama 3x dan hasilnya negatif dok.

Terima kasih telah bertanya seputar ejakulasi di luar bisa hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kehamilan akan terjadi jika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Hal tersebut terjadi jika dilakukan penetrasi (memasukkan penis ke dalam liang vagina). Kemungkinan hamil meningkat jika berhubungan saat masa subur. Pada saat berhubungan seksual sebelum mengeluarkan sperma, pria akan mengeluarkan cairan pra ejakulasi. Cairan pra ejakulasi memang tidak mengandung sperma. Namun, dapat membawa sperma yang tertinggal di sepanjang saluran pengeluaran ejakulat.

Mengeluarkan sperma di luar vagina tidak menyebabkan kehamilan. Namun jika ada setetes mani yang sempat masuk ke dalam vagina sebelum penis ditarik keluar, hal tersebut dapat menyebabkan kehamilan jika sperma berhasil membuahi sel telur. Jika Anda ragu-ragu, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan mengenai kontrasepsi darurat yang dapat digunakan untuk pencegahan kehamilan.

Berikut adalah tanda-tanda kehamilan yang dapat Anda perhatikan, yaitu tanda kehamilan yang tidak pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • Sering berkemih
  • Pembesaran dan nyeri payudara
  • Mual
  • Perasaan lelah
  • Daerah sekitar puting susu menghitam
  • Peningkatan suhu tubuh
  • Flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim, keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti, yaitu:

  • Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi (pemeriksaan dokter)
  • Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Anda dapat memastikan kehamilan Anda dengan datang ke dokter terdekat atau dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai ejakulasi di luar bisa hamil. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar