Sukses

Mengatasi Laringitis
18 Jul 2017, 10:27 WIB
Pria, 16 tahun.

Assalamualaikum dok, udah 3 bulan suara saya berubah dan tidak bisa berteriak. Setiap kali ingin berteriak seperti ada yang menahan. kenapa ya dok? saya baca baca di internet katanya saya terkena laringitis, saya sudah coba cara cara mengobati laringitis, namun tidak kunjung sembuh. Saya minta saran dan solusi nya ya dok. Terimakasih. Wassalamualaikum.

Terimakasih telah bertanya tentang laringitis melalui fitur Tanya Dokter.

Suara parau atau serak terjadi akibat iritasi atau cedera/trauma pada pita suara. Laring (yang disebut juga kotak suara), merupakan bagian dari saluran pernafasan yang mengandung kotak suara. Dinding luar laring yang terbuat dari tulang rawan disebut dengan Adam's apple atau jakun pada pria. 

Pita suara merupakan dua pita otot yang membentuk huruf "V" di dalam laring. Pada saat Anda bernafas, kedua pita suara ini tetap berjauhan. Dan ketika Anda bernyanyi atau berbicara, pita suara ini akan saling mendekat, bergetar dan memproduksi suara. Pembengkakan atau benjolan pada pita suara akan mencegah getaran ini terjadi, sehingga mengubah kualitas, volume, dan nada suara (rendah/tinggi).

Penyebab suara parau/serak bermacam-macam. Yang paling umum adalah laringitis akut (peradangan pita suara) akibat infeksi saluran nafas atas (biasanya virus). Dapat juga terjadi akibat penggunaan suara kurang tepat (misuse), misalnya:

  • Berbicara pada lingkungan yang bising
  • Penggunaan berlebihan (misalnya pada penyanyi)
  • Menggunakan telepon dengan cara telepon dijepit di antara pipi dan bahu
  • Menggunakan nada yang kurang sesuai (terlalu tinggi/rendah) ketika bicara
  • Berteriak

Penyebab lain dari suara parau juga bisa diketahui dari karakteristik suara paraunya. Bila laringitis menyebabkan suara Anda berada di nada rendah, kemungkinan penyebabnya adalah hipotiroidisme, laryngopharyngeal reflux (LPR), leukoplakia, suara parau akibat otot yang menegang, edema Reinke, pembengkakan pita suara dan kelumpuhan pita suara.

Untuk mengatasinya, tentru perlu diketahui dulu apa penyebab sebenarnya dari keluhan Anda ini, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT. Ada kemungkinan akan dilakukan laringoskopi, agar bisa dilihat secara langsung kelainan yang terjadi pada pita suara Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar laringitis. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar