Sukses

Benjolan di Vagina
18 Jul 2017, 10:58 WIB
Wanita, 22 tahun.

Hey dokter, saya bila Saya memiliki masalah yaitu benjolan yang ada di luar vagina saya, sekitar 2 tahun yang lalu benjolan ini muncul setelah saya mencukur bulu halus yang berada di vagina, awal muncul cukup gatal, dan aga nyeri sedikit, saya tidak memberikan apapun karena saya tkt nanti malah makin parah, akhirnya benjolan itu hilang sendiri, mengering dan lepas Dan sekarang benjolan tersebut muncul kembali, gejala munculnya pun sama, apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasinya? Apakah sabun khusus untuk miss v bisa membantu menghilangkan gatal ini? Dengan ph yang bagus tentunya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Benjolan di Vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Sayangnya untuk dapat membantu Anda lebih baik, kami membutuhkan informasi mengenai gambaran benjolan, ukuran, konsistensi, nyeri tekan/tidak, tepi, warna kulit, dan sebagainya. Begitu pula dengan cara persalinan yang dilakukan, apakah secara normal?Informasi tersebut paling baik didapat melalui pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Dalam dunia medis, semua benjolan disebut tumor. Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, serta penyebab pastinya, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Benjolan di Vagina. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar