Sukses

Mengatasi Biang Keringat
18 Jul 2017, 08:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Dokter, saya ingin tanya.. beberapa minggu yang lalu saya biang keringat di bagian bawah dada dan punggung. Setelah mengering, bekas yang di bawah dada itu mengelupas dan kulitnya sekarang mengeluarkan nanah yang gak terasa sakit. Bagian yg terkelupasnya juga kecil kira2 lebar 1 cm. Obat yang tepat untuk mengeringkan nanahnya apa ya dok? kalau bisa yang tanpa resep dokter. Terimakasih dokter.

Terima kasih Anda telah bertanya seputar mengatasi biang keringat

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Aktifitas yang berlebihan atau apabila cuaca panas maka Anda akan mudah berkeringat yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh menjadi gatal dan terjadi sumbatan kelenjar keringat.

Biang keringat bisa saj ditemukan pada orang dewasa. Biang keringat atau sering disebut miliaria adalah kelainan kulit akibat retensi keringat, yang ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil. Untuk memastikan benar tidaknya adanya biang keringat pada anak Anda, memang memerlukan pemeriksaan langsung. Namun, berikut beberapa informasi mengenai miliaria yang dapat Anda ketahui.

Miliaria/biang keringat atau keringat buntet memiliki bermacam bentuk, seperti:

  • Miliaria Kristalina, mengandung cairan berwarna putih
  • Miliaria Rubra, berwarna merah dan nyeri
  • Miliaria Profunda, disertai benjolan benjolan

Pada ketiga jenis miliaria tersebut tidak diperlukan pengobatan khusus. Tindakan yang dapat dilakukan adalah cukup dengan menghindari panas yang berlebihan, mengusahakan ventilasi yang baik, pakaian tipis dan menyerap keringat. Anda juga dapat memberikan bedak yang mengandung kandungan salisil 2% dan mentol dengan syarat kulit sudah kering. Saat ini bila bernanah maka yang perlu Anda melakukan adalah menjaga bagia tersebut supaya tetap kering dengan mengkompres berkali kali/

Sedangkan jika mengalami peradangan (ditandai dengan kemerahan yang sangat banyak dan menyeluruh) dapat diberikan salep antibiotik. Namun tentunya pemberiannya harus atas persetujuan dokter spesialis kulit yang menangani. Kami sarakan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin jika keluhan dirasakan semakin menganggu.

.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar