Sukses

Berat Badan Turun, Kenapa?
18 Jul 2017, 08:09 WIB
Pria, 62 tahun.

Dalam 5 bulan terahir ini berat badan surut 8 kg setelah tau menderita asam urat , riwayat penyakit yg diderita dr dulu maag/asam lambung.

Terima kasih telah bertanya mengenai penurunan berat badan melalui fitur Tanya Dokter.


Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penurunan berat badan bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab. Sejak kapan berat badan Anda menurun ? Apakah drastis ?

Pada dasarnya berat badan dipengaruhi oleh jumlah energi yang Anda konsumsi sehari sehari dan penyerapannya serta dari pengeluaran energi itu sendiri. Penyebab tersering dari penurunan dan peningkatan asupan energi adalah makanan yang Anda konsumsi sehari hari. Sudahkah makanan Anda memberikan gizi yang cukup? Hal ini perlu dievaluasi. Dari semua makanan yang Anda memang tidak semuanya yang akan masuk ke dalam darah tentu hal ini dipengaruhi oleh kondisi dari saluran cerna Anda Sendiri. Pengeluaran energi dipengaruhi oleh aktivitas Anda serta hal tertentu yang meningkatkan pengeluaran energi, seperti penyakit.

Penurunan berat badan tanpa ada sebab yang jelas bisa disebabkan oleh beberapa penyakit dbawah ini:

  • Peningkatan hormon tiroid (Hipertiroid)
  • Diabetes
  • Penyakit TBC
  • Kanker
  • Penyakit berkaitan dengan saluran cerna
  • HIV/AIDS
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

Penyakit asam urat tidak berkaitan langsung dengan penurunan. Kelainan lambung yang membuat Anda maag mungkin saja berkaitan mungkin tidak.Untuk dapat memastikannya diperlukan pemeriksaan fisik dan anamnesa lebih lanjut. Kami sarankan Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan evaluasi dan terapi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar