Sukses

BAB Air dan Lendir
18 Jul 2017, 00:41 WIB
Wanita, 3 tahun.

Anak saya sudah 3hari BAB air dan lendir berwarna kuning. Terkadang anak saya tidak bisa merasakan jika ingin BAB jadi langsung didalam celananya, padahal sebelum2x sudah pintar BAB di toilet. Nafsu makan normal, minum susu juga teratur seperti biasa dan aktivitas jg sperti biasanya. Itu penyebabx apa ya dok.? Sejauh ini saya sudah berikan l-bio dan imboost u/ imunx..

Terima kasih telah bertanya seputar BAB air dan lendir menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Menurut WHO penyakit diare adalah suatu penyakit yang ditandai dengan perubahan bentuk dan konsistensi tinja yang lembek sampai mencair dan bertambahnya frekuensi buang air besar yang lebih dari biasa, yaitu 3 kali atau lebih dalam sehari yang mungkin dapat disertai dengan muntah atau tinja yang berdarah. Keluhan yang Anda rasakan saat ini adalah BAB disertai lendir putih bening, kemungkinan bukan diare.

Berikut kami jelaskan mengenai bentuk feses.

1. TIPE 1 : Berbentuk bulat-bulat kecil seperti kacang, sangat keras dan sangat sulit untuk dikeluarkan. Kadang-kadang disebut seperti kotoran kambing. Biasanya ini adalah bentuk feses penderita konstipasi kronis.
2. TIPE 2 : Berbentuk sosis, permukaanya menonjol-nonjol dan tidak rata, dan terlihat seperti akan terbelah menjadi berkeping-keping. Biasanya feses jenis ini dapat menyumbat WC, dapat menyebabkan ambeien, dan merupakan feses penderita konstipasi yang mendekati kronis.
3. TIPE 3 : Cirinya berbentuk sosis, dengan permukaan yang kurang rata, dan ada sedikit retakan. Feses seperti ini adalah feses penderita konstipasi ringan.
4. TIPE 4 : Mempunyai ciri berbentuk seperti sosis atau ular.
5. TIPE 5 : Mempunyai ciri berbentuk seperti bulatan-bulatan yang lembut, permukaan yang halus,dan cukup mudah untuk dikeluarkan. Ini adalah bentuk feses seseorang yang ususnya sehat.
6. TIPE 6 : Mempunyai ciri permukaannya sangat halus, mudah mencair, dan biasanya sangat mudah untuk dikeluarkan. Biasanya ini adalah bentuk feses penderita diare.
7. TIPE 7 : Mempunyai ciri berbentuk sangat cair (sudah menyerupai air) dan tidak terlihat ada bagiannya yang padat. Ini merupakan feses penderita diare kronis.

Bagaimana tipe feses sesuai dengan keluhan anak Anda saat ini?

Jika hasil pemeriksaan fisik dan laboratorium Anda tidak ditemukan kelainan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Lendir pada feses dapat merupakan hal yang normal karena Usus menghasilkan lendir sebagai pelumas dan menjaga pada wilayah usus yang juga dapat dihilangkan melalui gerakan usus. Kecuali jika feses Anda disertai darah. Bentuk feses juga dipengaruhi oleh faktor makanan.
Menu makanan yang mengandung serat tinggi, akan menghasilkan feses yang empuk dan dalam jumlah banyak sehingga akan mengapung di air. Feses cair karena kandungan airnya berlebihan (>80%). Coba perbanyak asupan serat dalam menu makanan Anda. Jika keluhan ini dirasakan sangat menganggu, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter kembali (second opinion) secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar