Sukses

Gejala Sinusitis
18 Jul 2017, 00:41 WIB
Pria, 21 tahun.

Pagi Dok,.. seminggu yang lalu saya mengalami flu,.. saya merasa dampak flu tersebut adalah gangguan pada telinga saya,... saya menjadi tidak dapat mendengar dengan jelas... dan merasa bahwa cairan hidung saya berkumpul pada telinga kiri saya... setelah flu saya reda (tidak bersin secara terus menerus)... daua hari ini saya merasa migran di sebelah kiri kepala saya,.. rasa nyeri kepala itu sampai pada gigi2 bagian kiri saya (atas dan bawah)... dan cairan hidung itu masih keluar, saat saya mengeluarkan cairan hidung saya merasa nyeri pada hidung saya sampai ke telinga. apakah ini radang sinus ? rasa nyeri di bagian kiri kepala saya sangat membuat saya tidak nyaman,... bagaimana cara mengatasinya ? dua hari ini saya selalu mengonsumsi paracetamol untuk menghilangkan nyeri pada bagian kiri kepala, hanya membantu sementara tidak bertahan lama saya merasa nyeri kembali. apakah saya harus periksa ke dokter THT ? Mohon bantuan analisanya dok, Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar gejala sinusitis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
Kurangnya oksigen
Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.
?Gejala penyakit sinusitis diantaranya adalah :

Terdapat dahak di tenggorokan, seperti cairan dari hidung jatuh ke bawah rongga.
Hidung tersumbat dan gatal.
Terdapat bau tak sedap setiap kali bernapas.
Bersin-bersin.
Mengeluarkan ingus (sekret) berwarna putih kental. Kalau warna sekret sudah berwarna kekuningan atau bahkan kehijauan, maka kuman di dalam sekret sudah lebih banyak. Sedangkan sekret pada alergi berwarna putih, bening, dan cair.
Sakit kepala karena sekret di rongga sinus menekan ke kepala.
Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Namun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Apabila keluhan ini menetap dan sangat mengganggu, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT). Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik yang menyeluruh, dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan) untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar