Sukses

Katarak pada Lansia
18 Jul 2017, 00:46 WIB
Pria, 67 tahun.

Mata buram permisi dok, kakek saya pekerjaan petani, usia 67 tahun, mengeluh pengelihatannya buram, terkadang melihat ganda,tidak nyeri,dan matanya tidak merah. sudah pernah mencoba mengobati dengan obat tetes mata yang dijual bebas seperti insto, namun tidak ada perubahan, sudah mencoba mengganti kacamatanya namun pengelihatan masih buram. tidak ada darah tinggi ataupun kencing mani0s juga dok riwayat kakek saya. mungkin bisa dijelaskan kenapa, sakit apa dok

Terimakasih telah bertanya tentang katarak melalui fitur Tanya Dokter.

Melihat usia kakek Anda dan juga deskripsi kondisi matanya, sepertinya kakek Anda mengalami katarak atau kekeruhan pada lensa. Selain mata buram, keluhan yang juga dominan adalah rasa silau ketika melihat lampu atau sinar matahari.

Katarak biasanya terjadi pada orang tua, di atas usia 60 tahun. 

Hingga saat ini katarak hanya bisa ditangani dengan operasi. Operasi katarak paling lama berlangsung selama 30 menit. Rata-rata hanya membutuhkan waktu 10-15 menit. Selesai operasi, pasien bisa langsung pulang, namun 1-3 hari setelahnya harus kontrol kembali. Angka kesembuhan pasca operasi katarak ini termasuk yang tinggi, sebesar 95%.

Kami sarankan agar kakek Anda diperiksakan ke dokter mata untuk dipastikan apakah memang keluhan mata buram disebabkan oleh katarak. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar katarak. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar