Sukses

USG Kehamilan
18 Jul 2017, 00:42 WIB
Pria, 30 tahun.

Saya mau bertanya dok, apakah ada saran yang terbaik sebelum melakukan test USG kehamilan? kemarin saya sempat makan dan 2x buang air kecil sebelum test USG dilakukan. dari hasil test sendiri belum kelihatan dari segi janin dan kantong rahim semangkin besar. mohon jawaban dan masukannya dok.

Terima kasih telah bertanya seputar persiapan USG kandungan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sebenarnya tidak ada persiapan khusus untuk USG kandungan, namun disarankan untuk minum agar kandung kemih terisi dan memudahkan penglihatan saat di USG. 

USG bisa digunakan sejak awal kehamilan, yaitu usia kandungan 4-5 minggu untuk mendeteksi kantong kehamilan yang kemudian diikuti dengan melihat perkembangan janin. Di usia kandungan 5-7 minggu terlihat fetus dan dapat diukur panjang fetus serta detak jantungnya.

Trimester pertama atau perkembangan kehamilan dari minggu 1-13 dinamakan dengan masa organogenesis atau masa pembentukan organ. Pada minggu-minggu ini janin sedang menyempurnakan organnya namun memang masih sangat kecil untuk terlihat.

Pada usia kehamilan 9 minggu, janin baru memiliki berat 2 gram dengan panjang 30 mm yang tentu saja masih terlalu kecil untuk dilihat bahkan dengan alat USG sekalipun. Pada usia kehamilan 11 mingu dimana janin sudah memiliki berat 8 gram dan panjang 6 cm, umumnya memang sudah dapat dilihat. Namun seandainya belum pun, USG ideal dipastikan pada usia kehamilan 14 minggu dimana janin umumnya memang dapat terlihat dengan jelas melalui USG karena perkembangannya yang sudah cukup besar.

Jadi saat ini dimohonkan kesabaran ibu untuk melihat secara langsung janin yang sedang ibu kandung. Kami harap ibu kembali kontrol ke dokter 1-2 minggu kemudian. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar