Sukses

Kelopak Mata Gatal, Merah dan Bengkak
18 Jul 2017, 00:46 WIB
Pria, 50 tahun.

Mengapa kelopak mata merah dan bengkak? saya punya nenek 50 tahun, merasa kedua kelopak matanya gatal sejak 1 minggu yang lalu. kelopak matanya merah, bengkak, seperti ada kulit kering atau sisik.dan bila ditekan nyeri. penglihatannya tidak buram bagian matanya juga normal semua hanya kelopak mata, keluhannya semakin lama mengganggu semakin gatal,nenek saya jarang membersihkan wajah, belum kedokter dan memberi obat apapun. keluhan 1 bulan lalu pernah munculdan membaik sendiri dan tidak separah sekarang. bisa diterangkan dok mungkin apa yang terjadi... saya disuruh teman baca buku tentang blefaritis tapi yang mana saya tidak tau agar lebih terarah dan tidak salah Terima Kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang blefaritis melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dari cerita singkat Anda, sepertinya nenek Anda mengalami pembengkakan pada kelopak mata yang disebut dengan blefaritis. Nyeri bisa ada dan bisa juga tidak, bisa juga disertai rasa gatal. Penyebab blefaritis paling sering karena infeksi, alergi, bisa karena reaksi lokal terhadap lensa kontak, atau terhadap iritan yang masuk ke mata, juga bisa merupakan salah satu kelainan akibat reaksi alergi di tempat lain. Namun, untuk penyebab ini biasanya bengkak dirasakan pada kedua kelopak mata.

Blefaritis yang terjadi pada sebelah mata paling sering disebabkan karena kelenjar minyak kelopak mata yang tersumbat (disebut juga kalazion) atau infeksi bakteri pada folikel bulu mata (disebut juga hordeolum atau bintitan).

Gejala-gejala berikut merupakan tanda adanya kelainan yang lebih serius dan memerlukan pemeriksaan dokter segera, yaitu

  • Demam
  • Gangguan penglihatan berupa hilangnya penglihatan atau penglihatan dobel
  • Salah satu atau kedua mata menonjol (proptosis)

Saran kami, sebaiknya nenek Anda segera dibawa ke dokter mata untuk melihat penyebab pastinya apa sehingga pengobatan juga lebih spesifik. Jika memang hanya karena infeksi saja umumnya hanya akan diberikan antibiotik untuk mata dan keluhan akan menghilang dalam waktu kurang lebih 1 minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar blefaritis. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar