Sukses

Gangguan Cemas
18 Jul 2017, 00:42 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat siang dok,saya merasa takut, cemas, malu dan berdebar berlebihan saat berhadapan dengan banyak orang dan orang baru ‌Saya orang yang tidak suka merepotkan orang lain jika terjadi apa apa saya hanya mengatasi sendiri, saya juga takut dimanfaatkan orang ‌Saya lebih memilih menutup diri dan menjauhi hubungan dengan orang banyak Sewaktu SD dulu saya pernah dibully selama 5 tahun karena badan saya yang gemuk, pendiam, uang jajan saya yang tidak sebanyak mereka dan mudah menangis, saya juga dijadikan pesuruh, diejek, guru juga mengatakan saya bodoh, anak yang aneh dan lainnya, saya hanya punya 1 teman tetapi dia pindah saat kenaikan kelas 4 saya menghadapi semua sendirian setelah dia pindah tidak ada yang mau berteman dengan saya Kenaikan kelas 6 saya pindah sekolah karena pekerjaan orang tua.. Setelah saya pindah saya punya banyak teman bahkan saya menjadi anak yang berprestasi tetapi memory buruk itu terus menghantui Saat SMP kelas 3 saya coba berbaikan, berteman, dengan menghubungi mereka melalui sosial media tetapi sangat mengecewakan mereka tidak mau membalas pesan saya bahkan masih merendahkan saya, saya merasa sangat terpukul sehingga prestasi saya mulai merosot karena dulu saya berniat akan membuktikan diri saya ke mereka dengan prestasi saya Masuk SMA dimulai dengan MOS, karena perlakuan bentakkan kakak tingkat suasana SMA tersebut juga mengingatkan SD saya yang dulu, saya merasa cemas bersekolah disana, saya bahkan takut mendaftar organisasi karena takut dibully lagi terutama oleh kakak tingkat Saya juga menjadi orang yang sangat tertutup dan tidak memiliki prestasi lagi Dulu saya juga mencoba menjadikan artis, Idol sebagai motivasi saya tetapi tidak berhasil dan malah membuat saya lebih tertutup dan cemas Orang tua teman sahabat saya tidak ada yang tau mengenai hal ini Apa yang harus saya lakukan? Apakah saya perlu ke psikiater? Saya sudah mencoba dengan mengikuti banyak organisasi saat kuliah tetapi semakin banyak orang yang memperhatikan saya saya malah merasa minder dan malu Padahal saya anggota oraganisasi besar di kampus saat ini dan banyak diketahui orang Saya merasa tidak bisa mengembangkan diri saya jika terus begini tetapi saya sangat sangat takut Terutama dicap jelek dibenci dan lainnya Saya sering melarikan diri saat sedang stress

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan takut, cemas, dan malu menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Dari cerita yang anda ceritakan, bisa jadi anda menderita gangguan cemas. Rasa cemas berlebihan dapat mengganggu konsentrasi, kualitas hidup dan terutama mengganggu sistem imunitas tubuh sehingga mudah sakit. Perbedaan dengan penyakit sesungguhnya adalah pada gangguan cemas berlebihan, dari semua keluhan yang muncul, jika dilakukan pemeriksaan fisik maka tidak ditemukan kelainan apapun. Rasa cemas berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan emosional dan psikologis yang pada akhirnya dapat mempengaruhi secera keseluruhan derajat kesehatan seseorang secara fisik. Rasa cemas berlebihan tidak secara langsung disebabkan karena penyakit tertentu.Gangguan cemas dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Atau keluhan-keluhan lain yang bervariasi, dan terutama rasa cemas dan takut berlebihan terhadap sesuatu.

Gangguan cemas dapat diatasi dengan menenangkan diri. Sebaiknya konsultasikan ke dokter Anda mengenai perlu/tidaknya anda untuk minum obat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar