Sukses

Vertigo, Sakit Kepala, dan Sinusitis
17 Jul 2017, 23:19 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat sore dok. Usia saya saat ini 20tahun. Sejak kecil saya mengalami vertigo, seingat saya sejak usia 9 tahun. Kemudian saat usia 13 tahun, tepatnya saat merasakan kelas berAC dibangku SMP, saya baru sadar bahwa saya Alergi dingin dengan gejala bersin2 dan hidung berlendir bening dan encer. Namun kata dokter hal tsb tidak dapat disembuhkan. Jadi saya cuek saja. Saat usia 19tahun, karena sudah cukup parah saya memeriksakannya ke dokter THT kembali dan dikatakan bahwa saya sinusitis. Dan sekarang ini setiap hari saya selalu bersin2 dan pilek, padahal saya tinggal di Bintaro, panas dan gerah. Kemudian, setelah saya lihat2 lagi, lubang hidung saya yang sebelah kanan selalu tersumbat dikarenakan penyekat kedua lubang hidung saya ini lebih condong ke kanan sehingga menempel pada turbinate. Yang ingin saya tanyakan, 1. Apakah vertigo yang kadang kambuh itu adalah efek dari penyakit sinusitis yang saya miliki? 2. Apakah saya mengalami hidung bengkok atau gejala hidung saya yang tersumbat sebelah itu hal yang wajar?

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya tentang vertigo, sakit kepala dan sinusitis melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Sinusitis atau peradangan rongga sinus, dapat menimbulkan sakit kepala. Sakit kepala ini yang sifatnya nyeri dan bukan pusing berputar seperti vertigo. Sakit kepala biasanya dirasakan di antara kedua mata (di pangkal hidung) atau di dahi, sebab di situlah rongga-rongga sinus berada.

Sedangkan vertigo, paling sering disebabkan oleh gangguan pada telinga yang sama sekali tidak berhubungan dengan sinusitis.

Sinusitis bisa disebabkan oleh infeksi, alergi maupun kelainan anatomi seperti deviasi septum nasi atau polip hidung. Pada kasus Anda, sepertinya sinusitis terjadi karena deviasi septum ini (penyekat hidung) yang lebih menonjol ke kanan sehingga mengakibatkan peradangan di sekitar pintu keluar sinus. Akibatnya pintu keluar sinus tersumbat dan timbullah gejala-gejala sinusitis.

Anda perlu pemeriksaan lanjutan dengan dokter THT untuk memastikan kelainan anatomi yang terjadi. Jika kelainan anatomi menimbulkan keluhan-keluhan yang membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu kualitas hidup, sebaiknya kelainan ini dikoreksi.

Baca juga: Hidung Tersumbat dan Post Nasal Drip.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar vertigo, sakit kepala, dan sinusitis. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar