Sukses

Puasa Sebagai Metode Menurunkan Berat Badan
18 Jul 2017, 00:07 WIB
Pria, 19 tahun.

Selamat pagi dok . Saya disini ingin bertanya kan saya ini disini jatuhnya sudah overweight dan saya ingin ke normal dok nah permasalahannya apabila saya melakukan metode sehari puasa atau fasting lalu di selangi dengan water fasting apakah boleh atau akan menimbulkan dampak yang berbahaya dok? Terimakasih Dok 😊 .

Terima kasih telah bertanya seputar intermitten fasting menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Puasa berselang (Intermittent fasting / Diet OCD) merupakan suatu rencana diet untuk menurunkan berat badan yang dapat dilakukan dengan beberapa metode. Terdapat metode yang dapat dilakukan dengan makan seperti biasa selama 5 hari dan melakukan makan dengan pembatasan kalori selama 2 hari lainnya dalam seminggu. Kalori dibatasi hingga hanya 500 kalori saja untuk wanita dan 600 kalori untuk pria. Metode lain dilakukan dengan melakukan makan makanan cair selama 6 hari dan makan dengan pembatasan kalori hingga 120 kalori saja dalam 1 hari dalam seminggu.

Pembuat metode ini juga menyatakan bahwa selain dapat menurunkan berat badan, metode ini dapat bermanfaat juga untuk meningkatkan usia hidup, meningkatkan fungsi otak dan melindungi terhadap penyakit Alzheimer serta melindungi terhadap penyakit kanker, diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung. Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat mendukung pernyataan ini sehingga manfaat-manfaat tersebut belum dapat ditegaskan secara pasti.

Metode yang digunakan pun belum didukung penelitian yang baik untuk menentukan metode yang paling tepat dan paling baik. Selain itu belum ada penelitian yang meneliti mengenai efek samping apa saja (seperti: sulit tidur, napas berbau, kekurangan cairan, rasa gelisah, mengantuk di siang hari, dll) yang dapat terjadi dengan melakukan metode Puasa Berselang ini (Intermittent Fasting/ Diet OCD).

Bagi Anda yang ingin melakukan metode Diet OCD ini, sebaiknya kunjungi dokter terlebih dahulu untuk pemeriksaan fisik menyeluruh guna mengetahui kondisi fisik dan psikis Anda.

Terlepas dari berbagai metode diet yang ada saat ini, hidup sehat sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu:

Makan makanan dengan bergizi seimbang karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral.
Makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari.
Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
Hindari stres
Tidur cukup 7-8 jam/hari
Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar