Sukses

Bekas Luka Menonjol, Keloid?
18 Jul 2017, 00:19 WIB
Wanita, 20 tahun.

Saya pernah mengalami kecelakaan saat berumur tiga belas tahun, dan terdapat bekas luka yang belum hilang. Bekas lukanya seperti bekas jahitan, padahal bukan jahitan. Bekas lukanya menonjol. Bisakah dihilangkan dengan obat?

Terimakasih telah bertanya seputar keloid melalui fitur Tanya Dokter.

Dari deskripsinya, sepertinya yang Anda alami adalah keloid atau bekas luka yang menyembuh berlebihan.

Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka dan faktor genetik (keturunan). Jika dalam keluarga Anda terdapat kecenderungan terbentuk keloid pada bekas luka, maka kemungkinan besar bekas luka anda juga akan membentuk keloid. Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. 

Bentuknya kenyal, mengkilat, dan dapat bervariasi dalam warna seperti merah jambu, merah daging, dan coklat gelap. Keloid tidak ganas, tidak menular, dan biasanya terdapat gejala gatal, nyeri tajam, dan perubahan bentuk. Pada kasus yang parah, dapat menghambat pergerakan dari kulit dan dapat membesar serta memberikan rasa gatal.

Tergantung besarnya, keloid umumnya diobati dengan menggunakan salap, suntikan steroid, laser, dan operasi. Namun, ada kemungkinan sekalipun sudah diobati tetap kambuh kembali.

Selengkapnya dapat dibaca dalam artikel ini: Keloid dan Pengobatannya.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar keloid. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar