Sukses

Maag Atau Jantung
17 Jul 2017, 23:26 WIB
Wanita, 40 tahun.

Dok saya sering merasa sesak di dada pundak yang linu dan pegal. Sakitnya sering kali tiba tiba dan kurang tau apa penyebabnya. Saya juga merasa jantung berdebar tapi hanya beberapa waktu. Juga mual, perih dan kembung. kira kira itu gejala apa ya dok?. Saya punya sakit maag tapi banyak yang bilang itu bisa jadi gejala sakit Jantung.

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kemungkinan memang Anda mengalami gejala maag. Tetapi memang gejala jantung kadang mirip juga dengan gejala maag. Untuk mengetahui secara pasti memang harus dilakukan pemeriksaan lengkap oleh dokter. Melihat umur Anda yang masih muda dan gejala yang tidak spesifik ke arah jantung, mungkin bisa dicoba dulu untuk tatalaksana dari penyakit lambung/maag.

Untuk tatalaksana awal maag yang Anda dapat lakukan adalah :

* Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

* Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

* Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

* Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

* Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

* Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.


Bila keluhan maag kambuh dan nyeri tidak tertahankan, dapat diberikan obat-obatan berupa obat anti-mual serta obat maag, seperti golongan H2 blokcer (contohnya adalah ranitidine), PPI (contohnya adalah omeprazole, atau pantoprazole). Obat seperti antacid juga sangat berguna untuk mengurangi gejala. Obat-obatan yang diberikan pada penderita maag memiliki cara kerja yang berbeda-beda untuk mengatasi gejala sesuai dengan kebutuhan, ada yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung, melindungi mukosa asam lambung, mengurangi produksi ataupun memblok produksi asam lambung. Untuk mendapatkan pengobatan tersebut, harus didahului dengan pemeriksaan klinis mulai dari wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan penunjang yang dilakukan langsung oleh dokter.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar