Sukses

Nilai MCV, MCH, BUN Tidak Normal
17 Jul 2017, 23:19 WIB
Pria, 23 tahun.

Saya mau nanya dok, kemarin saya tes mcu di salah satu rmh sakit hasil darah saya ada poin2 tertentu seperti mcv, mcvh, bun di luar dari standar normal dan dpt dikatakan nilai nya merah, yg saya mau tanyaakan apakah saya ada penyakit seriys jika poin mcv, mcvh, bun di luar dri skala normal pada umumnya? Terima kasih sblmnya

Terimakasih telah bertanya tentang hasil laboratorium melalui fitur Tanya Dokter.

Nilai MCV, MCH, dan MCHC menggambarkan bentuk dan ukuran sel darah merah. Nilai ini diinterpretasi bersama-sama dengan hasil Hemoglobin dan jumlah eritrosit (sel darah merah). Nilai MCV, MCH, dan MCHC yang tidak normal (baik rendah maupun tinggi) biasanya berkaitan dengan anemia (kekurangan sel darah merah). Tergantung penyebabnya, anemia bisa membuat sel darah merah menjadi berukuran lebih kecil atau lebih besar dari yang sebenarnya. Untuk memastikan bentuk dan ukuran sel darah merah ini biasanya dilakukan pemeriksaan apus darah tepi.

Bila nilainya hanya menyimpang 1-3 poin normal, hal ini dapat diabaikan. Bila perbedaannya 5 poin ke atas baru menjadi perhatian.

Sedangkan BUN atau blood urea nitrogen, merupakan tes untuk melihat bagaimana fungsi ginjal Anda. Bila ginjal tidak mampu mengeluarkan urea secara normal dari dalam darah, kadar BUN akan meningkat. Penyebabnya antara lain penyakit jantung, dehidrasi, atau diet tinggi protein. Gangguan atau penyakit hati dapat menurunkan kadar BUN Anda.

Secara spesifik, dehidrasi dapat menyebabkan hemoglobin (Hb) dan BUN terbaca tinggi. Ini kerap ditemui pada individu yang melakukan medical check-up karena harus puasa.

Namun demikian, untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa saat medical check up atau dokter terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar hasil laboratorium. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar