Sukses

Nyeri dan Gangguan Haid
17 Jul 2017, 22:32 WIB
Wanita, 51 tahun.

Ass dok.. Saya mau bertanya, umur saya 21 thn saya mengalami gangguan menstruasi kadang2 dalam 1bln saya tidak menstruasi.. dilain sisi saya merasakaan sakit dibagian bawah perut & terkadang bagian bawah perut terasa keras serta pada saat buang air kecil saya merasakan sakit .. & jika saya menstruasi saya mengalami sakit yg luar biasa, menurut dokter apa yg harus saya lakukan ????? Trima kasih

Terimakasih telah bertanya mengenai nyeri haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Nyeri yang menyertai haid merupakan hal yang umum terjadi. Nyeri ini terjadi akibat prostaglandin yang dikeluarkan otot-otot dinding rahim. Prostaglandin menstimulasi otot rahim tersebut untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri dan kram di perut. Selama nyeri ini dalam batas wajar dan tidak mengganggu aktivitas Anda, dapat dianggap normal.

Berikut adalah ciri-ciri nyeri haid yang normal:

  • Nyeri yang dirasakan biasanya satu atau dua hari sebelum haid datang atau saat haid hari pertama.
  • Nyeri yang dirasakan berada di perut bagian bawah, pinggang atau di bagian paha.
  • Sifat nyeri mulai dari ringan sampai berat, yang bertahan selama 12 sampai 72 jam paling lama.
  • Gejala nyeri dapat disertai keluhan mual, muntah, lemas, dan diare.

Sedangkan ciri nyeri haid yang tidak normal adalah:

  • Nyeri yang dirasakan lebih sakit dibandingkan nyeri kram perut biasa.
  • Nyeri terkadang tidak berkurang meskipun haid telah selesai.

Nyeri haid yang lebih dari biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  1. Endometriosis: Endometriosis adalah pertumbuhan  kelenjar endometrium dan stroma yang berasal dari rahim.  Pada endometriosis, lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim, berespon terhadap siklus menstruasi, namun lapisan endometrium yang berada di luar rahim tidak memiliki jalan keluar untuk perdarahan yang dialaminya setiap bulan sehingga lapisan disekitarnya akan meradang dan membengkak sehingga menimbulkan nyeri haid yang hebat.
  1. Penyakit Radang Panggul: infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dimulai dari uterus dan dapat menyebar ke organ reproduksi lainnya.
  1. Stenosis Serviks: penyempitan leher rahim. Gangguan ini sering disebabkan oleh adanya jaringan parut.
  1. Tumor (myoma): perkembangbiakkan dari dinding dalam uterus

Jika nyeri haid Anda termasuk normal, Anda dapat mencoba berbagai tindakan alami untuk meredakannya. Misalnya, meletakkan kompres hangat pada perut bagian bawah pusar untuk mengurangi nyeri, atau melakukan pijatan dengan membuat gerakan melingkar menggunakan jari tangan di sekitar pusar. Jangan lupa, teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga juga berguna untuk menghilangkan nyeri haid.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri haid seperti parasetamol atau asam mefenamat yang umumnya dijual bebas di apotek.

Jika nyeri haid timbul lebih lama dari 2-3 hari dan terasa sangat berat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi sampai muncul keluhan mual, muntah, pingsan, Anda patut mencurigai adanya penyakit yang mendasari. Endometriosis adalah penyebab tersering keluhan nyeri haid hebat pada wanita. Diperlukan pemeriksaan USG untuk melihat apakah ada kelainan pada rahim. Sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Berikut adalah artikel yang dapat menambah informasi Anda seputar haid:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nyeri haid. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar