Sukses

TBC, Suntik TT, dan Kemungkinan Hamil
17 Jul 2017, 21:40 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya punya beberapa pertanyaan 1. apakah mantan penderita tbc boleh melakukan suntik TT? 2. apakah mantan penderita tbc masih bisa untuk hamil?

Terima kasih telah bertanya seputar TBC, suntik TT, dan kemungkinan hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertanyaan pertama Anda jawabannya adalah boleh. Vaksin TT (Tetanus Toksoid) dianjurkan pada wanita terutama untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum (tetanus pada bayi) dan sebaiknya diberikan pada wanita yang tidak melengkapi 3 kali imunisasi dasar atau 10 tahun booster. Tidak ada batasan waktu dalam imunisasi ini, Anda bisa melakukan imnisasi pada waktu kapanpun, namun disarankan 1 kali sebelum menikah, dilanjutkan 2 kali pada saat kehamilan.

Imunisasi TT diberikan sebagai suntikan dalam otot, dapat pada daerah bokong maupun pada lengan atas. Syarat lokasi penyuntian salah satunya adalah tidak adanya infeksi pada tempat penyuntikan tersebut, pasien tidak sedang dalam keadaan sakit lain dengan gejala demam, dll.

Mengenai pertanyaan kedua, infeksi TBC tidak berhubungan dengan organ reproduksi. Jadi tidak menghambat kemungkinan seorang wanita untuk dapat hamil.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai TBC, suntik TT, dan kemungkinan hamil. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar