Sukses

Solusi Wajah Berkomedo
17 Jul 2017, 21:26 WIB
Pria, 25 tahun.

hallo dokter. mohon bantuan nya. wajah saya sangat banyak ditumbuhi komedo putih yg SANGAT SANGAT membandel. hampir diseluruh bagian wajah saya, terutama bagian hidung dan dagu. komedo nya jika ditekan.,seperti pasta berada di bawah kulit. sangat banyak produk yg saya pakai. dr yg alami sampai yg kimia sudh sy pakai. tpi sama skali tdk ada hasil. jenis komedo yg sgt bandal. prtanyaan nya : langkah apa yg harus saya lakukan dan produk apa yg harus saya pakai?? mohon bantuan dokter. pliss

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan saat ini adalah jerawat, minyak, kusam, komedo jadi satu.

Pada kulit berminyak biasanya jerawat mudah terjadi. Kulit berminyak mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ‘menangkap’ kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibandingkan jenis kulit kering. Sehingga, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit.

Cara mengatasi kulit berminyak yaitu dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel, kemudian gunakan air dingin untuk mencuci wajah dengan sabun muka.

Perawatan wajah dengan benar membantu mengontrol jerawat dan mendukung pengobatan.

Berikut artikel yang kami berikan untuk menambah informasi Anda:

5 Kebiasaan yang Merusak Kulit
Tips Merawat Kulit
Jenis Kulit Apa Anda
Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah 2 kali sehari, terutama sebelum tidur. Jika kulit sedang dalam kondisi berjerawat maka sebaiknya menggunakan pembersih wajah untuk kulit berjerawat dan dengan kandungan pH yang sesuai dengan kondisi kulit.

Apa saja penanganan jerawat yang sudah Anda lakukan? Bagaimana tingkat kepatuhan Anda?

Masalah jerawat memang masalah kesehatan yang susah-susah gampang. Ada berbagai faktor yang saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu lama dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

Stress
Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
Kelenjar minyak yang terlalu aktif
Keturunan dari orangtua
Bakteri di pori-pori kulit
Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah

Mengenai komedo. Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan.

Apa yang harus dilakukan?

Rajin mencuci muka minimal 2x sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan banyak busa
Diet rendah lemak dan karbohidrat
Hidup teratur, sehat, olahraga 3x/minggu minimal 30 menit
Hindari stress
Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak (foundation, BB cream, bedak padat)
Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak: alkohol, makanan pedas, rokok
Hindari polusi udara
Hindari pemencetan komedo/jerawat karena dapat memperberat erupsi
Selain itu, Anda dapat melakukan facial (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali untuk mengeluarkan komedo. Kami sarankan agar Anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih. Selain itu dapat juga diberikan krim yang mengandung retinoid acid. Namun obat ini harus berada di bawah pengawasan dokter karena dapat menimbulkan efek samping jika dosis, cara, dan waktu pemakaian tidak tepat.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat
Stress dapat Memperparah Jerawat
Perawatan Wajah Pada Wanita Aktif
Tips Merawat Kecantikan Wajah
Perawatan Kulit Berdasarkan Metode
Cantik Sehat dan Alami
Memilih Kosmetik yang Aman
Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar