Sukses

Cairan Pembersih Kelamin
20 Jun 2017, 18:41 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, mau nanyak. Orang blm hamil boleh ga pakek pembersih kelamin. Kok katanya orang2 bisa ngeringin rahim?!? Trimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang penggunaan airan pembersih kelamin

Pada dasarnya, membersihkan vagina dengan menggunakan air bersih saja sudah cukup, karena vagina memiliki mekanisme sendiri untuk pembersihan. Anda dapat membersihkan bagian luar vulva yang berambut dengan air dan sabun tanpa pewangi, namun untuk bagian vagina cukup dengan air bersih saja. Hal ini dilakukan juga untuk mencegah iritasi dan alergi oleh karena penggunaan benda asing.


Pemakaian cairan pembersih vagina secara rutin dan dalam jangka waktu lama tidak dianjurkan karena dapat mengganggu lingkungan alami vagina. Cairan pembersih vagina dapat mengganggu keseimbangan mikroorganisme yang ada pada vagina- bakteri 'jahat' vs flora normal/'baik'. Sebenarnya, bakteri 'jahat' terdapat di vagina, namun dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan flora normal. Namun bila keseimbangan lingkungan vagina terganggu, maka bakteri 'jahat' tersebut akan meningkat jumlahnya. Keadaan tersebut dapat memudahkan terjadinya infeksi.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar cairan pembersih kelamin, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar