Sukses

Cara Kiat Hamil Setelah Keguguran
20 Jun 2017, 18:25 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok mau tanya Kira-kira 1 thn yg lalu istri sy mngalami keguguran & pd wktu itu usia kndungan sdh 3bln stlh itu di quret tp smpe skg istri sy blm hamil lagi pdhl sdh cek lab smua aman & sll brhubngn pd masa subur dan ovulasi Kira2 apa ya dok yg mjd pnybb istri sy smpe hr ini blm hamil? Lalu bgaimana solusinya Thx, Gbu

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami turut prihatin akan kondisi Anda.

Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret. Dalam kasus Anda, apakah Anda sudah memeriksakan kandungan Anda ketika keguguran terjadi? Untuk memastikan tidak ada sisa jaringan lagi?

Jika tidak ada sisa jaringan, biasanya perdarahan pun sudah tidak terjadi. Kesuburan pun akan kembali normal sesegera mungkin. Salah satu tandanya ialah kembalinya siklus haid yang normal.


Agar bisa hamil, dibutuhkan sel sperma dan sel ovum yang sehat. Karena itu, baik pria dan wanita harus menjaga kondisi tubuhnya agar bisa menghasilkan sel sperma dan ovum yang baik. Berikut ini adalah kiat-kiat alami agar cepat hamil:

1. Tentukan masa subur Anda

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Bagaimana caranya untuk mengetahui waktu ovulasi Anda?

Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.
Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.
Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.

Apabila masa subur sulit diperkirakan, hubungan intim dianjurkan setiap 2 hingga 3 hari untuk meningkatkan peluang hamil.

2. Maksimumkan kesuburan Anda, dengan:

Berhubungan intim dengan teratur 2-3x/minggu
Berhubungan intim setiap hari di masa subur
Lakukan gaya hidup sehat dengan mempertahankan berat badan yang baik/ideal, berolahraga 3-4x/minggu, membatasi konsumsi kafein dan teh, dan mengelola stres
Sediakan waktu untuk konseling pra kehamilan dengan dokter kebidanan Anda, tujuannya agar kesehatan Anda bisa dievaluasi secara menyeluruh dan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki/diantisipasi terkait dengan riwayat kesehatan Anda
Minum vitamin untuk kesehatan janin, terutama asam folat
3. Hindari hal-hal berikut ini:

Merokok, konsumsi alkohol, minum obat-obatan tanpa saran dokter
Exercise yang berlebihan
4. Tingkatkan kualitas sperma dengan:

Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang
Minum vitamin yang mengandung seng, kalsium, asam folat, vitamin C, D, dan E
5. Carilah waktu untuk berlibur bersama pasangan Anda agar tubuh dan pikiran rileks

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar