Sukses

Iritasi pada Wajah Akibat Sabun
20 Jun 2017, 16:21 WIB
Pria, 21 tahun.

Malam dok. Sya mau tanya 4hri yang lalu sya mencoba sabun beras thailand yg di ksh temanku. Awal dipake terasa perih d muka dan gatal. Tp sya ttp mencobanya sampai 3hri berturut. Apakah perih dan gatal yg sya rasakan berpengahruh dgn muka sya? Berbahayakah perih dan gatal trsebut??

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Kulit wajah yang teriritasi memang dapat mengganggu. Namun, terlebih dahulu perlu diketahui penyebab iritasi kulit tersebut. Iritasi kulit dapat disebabkan beberapa hal, pada kasus Anda sepertinya karea paparan sabun kulit, penyebab lainnya adalah:

Paparan sinar matahari
Bahan pakaian yang menyebabkan iritasi
Bahan kimia (parfum, lotion, scrub, sabun pembersih wajah) yang menyebabkan iritasi
dll
Setelah ditemukan penyebabnya kemudian diperinci gejalanya. Bila terasa nyeri dan perih, ada beberapa hal yang dapat bermanfaat mengurangi ketidaknyamanan dari gejala yang dapat ditimbulkan seperti menghindari paparan cahaya matahari dan menggunakan pelembab wajah. Selain itu, kompres/mandi air dingin juga dapat membantu Anda mengatasi rasa perih, panas, dan kemerahan yang timbul. Hindarilah penggunaan produk-produk oles yang mengandung parfum, scrub, atau garam yang dapat semakin mengiritasi kulit Anda. Saat ingin mengeringkan badan, gunakanlah handuk yang lembut dan usap perlahan, kebiasaan menggosok yang terlalu keras hanya akan memperburuk kondisi kulit Anda.

Kemungkinan anda mengalami iritasi akibat sabun pembersih wajah yang tidak cocok dengan kulit anda sehingga anda perlu menghindari penggunaan jenis produk tersebut untuk sementara waktu. Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter umum atau spesialis kulit. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika dperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar