Sukses

Feses Bayi Berwarna Hijau, Normalkah?
20 Jun 2017, 15:28 WIB
Wanita, 34 tahun.

Malam dok.. Anak saya 7bln 8hr.. Anak saya 0-6bln asi Exclusive, lalu tepat 6bln anak saya mpasi.. Menu mpasi anak saya 2 minggu pertama pisang (cuma pagi),minggu berikutnya pagi pisang sore buah lainnya (tiap hari ganti) selama 1 minggu.. Saat 6bln 3minggu anak saya mpasi nya pagi buah (ganti-ganti) malam karbo (kentang/ubi/jagung /nasi) di tambah lauk&sayuran.. Sejak mkn karbo+menu sempat ga bab kurang lebih 3hr,lalu pas bisa bab tekstur nya sangat padat,berwarna gelap&keras itu terjadi kurang lebih seminggu.. Setelah itu tekstur bab nya normal dok tapi selalu berwarna hijau apa pun makanan nya hingga saat ini.. Sampai saat ini pun anak saya msh ASI&tidak kena sufor.. Pertanyaan saya kena bab anak saya selalu hijau ya dok? Apa yang harus saya lakukan dok? Terima kasih sebelumnya dok..

Terimakasih Anda telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang feses bayi berwarna hijau


Feses yang berubah menjadi hijau dapat terjadi karena bayi Anda hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak. Lemak biasanya didapatkan oleh bayi dari ASI. Namun bukan berarti semua ASI yang diberikan pasti tinggi lemak. Dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilk) dan ASI belakang (hindmilk).

Saat bayi menyusu, ia akan selalu menghisap ASI depan terlebih dahulu. ASI depan (foremilk) memiliki banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sementara ASI belakang (hindmilk) mengandung banyak lemak. Pada bayi yang diberikan ASI eksklusif, feses yang keluar akan didominasi warna kuning/golden feces, dan warna tersebut normal. Warna kuning ini berasal dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu.

Pada anak yang diberikan makanan lain selain ASI, seperti bayi Anda, menyebabkan terjadinya perubahan pada proses pencernaan dan akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga menyebabkan terbentuknya gas yang terlalu banyak sehingga bayi sering kentut dan merasa tidak nyaman. Namun jika feses hijau hanya sedikit dan tidak keseluruhan, bisa saja hal tersebut adalah berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

Kami sarankan Anda kembali mengunjungi Dokter Spesialis Anak Anda untuk mengkonsultasikan hal ini jika keluhan dirasa semakin mengkhawatirkan.

Demikian, semoga informasi tentang feses bayi berwarna hijau ini bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar