Sukses

Haid Terlalu Sering Setelah Stop Pil KB
20 Jun 2017, 14:18 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dok saya menggunakan pil KB mycroginon start 4 bulan lalu tapi akhir2 ini saya ada mual Dan nyeri lambung yg tak sembuh dgn makan obat maag. Tgl 5 bulan juni 2017 saya dtg bulan tepat sesuai jadwal Pil kb karena dah masuk ke bagian pil warna putih. Saya berniat tidak menggunakan pil KB lagi Dan setelah men's berhenti saya tidak lanjut ke pil warna kuning. Just stop saja. Tapi tanggal 16 saya men's lagi Dok ....malahan ada mules sakit pinggang Dan nyeri bawah perut seperti biasa Kalau datang bulan...koq bisa begitu ya Dok? Terus apa yg harus saya Lakukan apa minum pil KB lagi? tapi saya mau berhenti saja karena tak kuat dgn efek samping nya

Terima kasih telah menanyakan tentang haid terlalu sering melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus menstruasi yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari.

Kondisi darah haid terlalu sering ini bisa terjadi karena banyak hal, antara lain:
1. kelainan pembekuan darah, misal : akibat Von Willebrand Disease, kekurangan protrombin, idiopatik trombositopenia purpura (ITP), dll
2. gangguan organ kandungan
3. kelainan kelenjar tiroid
4. adanya kista ovarium
5. mioma di rahim 
6. penggunaan kontrasepsi IUD
7. efek samping obat tertentu
8. dan sebagainya

Pada kasus Anda, keluhan ini bisa terjadi karena efek berhenti mengkonsumsi pil KB. Bila ini penyebabnya, kemungkinan keluhan Anda hanya akan berlangsung selama beberapa hari.

Bila lebih dari 1 minggu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Sementara itu, Anda juga disarankan untuk minum air putih minimal 1,5 liter sehari, dan mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi seperti daging sapi, hati ayam, dan sayuran hijau.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai haid terlalu sering. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar