Sukses

Radang Tenggorokan Perokok Pasif
13 Jun 2017, 00:16 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat pagi, saya ingin bertanya. Papa saya perokok aktif, terkadang kalau merokok, baunya sampai masuk ke dalam rumah. Sebenarnya dari saya kecil dia jarang ada di rumah karena kerjanya di luar pulau. Sekarang dia kerja di kota tempat tinggal keluarga sehingga 1 rumah lagi dengan saya. Tetapi akhir2 ini, sekitar beberapa bulan yang lalu, kalau saya mencium bau rokoknya, tenggorokan saya langsung sakit, entah di bagian mana, yang jelas tenggorokan saya terasa tidak enak seperti sedang radang tenggorokan (sakit). Umur saya 17 tahun. Kira2 itu kenapa ya dok? Terimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Paparan asap rokok dapat mengiritasi saluran pernapasan Anda, berdasarkan keterangan yang Anda berikan nampaknya Anda mengalami radang tenggorokan. Mengatasi radang tenggorokan tidaklah sulit, beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng, mengurangi atau menghindari asap rokok.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain.

Saran kami sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis THT, agar Anda mendapatkan diagnosis yang pasti, mendapatkan terapi yang sesuai dan gejala yang Anda rasakan segera tertangani.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar