Sukses

Gonore, Bagaimana Mengatasinya?
21 Mei 2017, 03:23 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau tanya dong, kok penis saya mengeluarkan nanah ya baru baru ini, sekitar 3 hari yang lalu, tetapi saya tidak pernah berhubungan diluar nikah, mohon bantuan jawabannya ya dok, dan sebab akibatnya, terimakasih

Terima kasih telah bertanya mengenai gonore menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kencing nanah dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, salah satu kemungkinannya adalah infeksi gonore. Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif.

Pada pria, awalnya terdapat rasa gatal dan panas di sekitar uretra, saluran yang menghantarkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Selanjutnya, terdapat rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar sekret kental berwarna keruh dari ujung uretra yang kadang-kadang disertai darah. Bila infeksi sudah semakin lanjut, nyeri akan semakin bertambah dan sekret semakin kental dan keruh. Selain itu terdapat nyeri pada waktu ereksi dan terkadang terdapat pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan.

Ada gejala khas gonorrhea yang memang terdapat pada Anda, yaitu keluar nanah dari kemaluan dan nyeri saat kencing. Namun gatal di badan yang Anda rasakan tersebut bukanlah ciri-ciri gonorrhea. Ada kemungkinan gatal tersebut merupakan penyakitkulit yang berdiri sendiri (misalnya jamur), atau penyakit yang sama dengan yang menyebabkan keluhan di kemaluan. Untuk itu pemeriksaan secara langsung untuk kelainan kulit adalah jalan yang paling tepat. Untuk gonorrhea, umum dilakukan pemeriksaan swab sekret kemaluan untuk melihat bakteri di bawah mikroskop.

Antibiotik adalah pengobatan untuk gonore. Pasangan seksual juga harus diperiksa dan diobati sesegera mungkin bila terdiagnosis gonore. Hal ini berlaku untuk pasangan seksual dalam 2 bulan terakhir, atau pasangan seksual terakhir bila selama 2 bulan ini tidak ada aktivitas seksual. Antibiotik yang diberikan berupa suntikan 1 jenis antibiotik dengan kombinasi antibiotik oral jenis lain. Rekomendasi pengobatan gonore telah diperbarui dan cara terapi berupa monoterapi dengan azitromisin maupun obat golongan makrolid lain sudah tidak disarankan. Hal ini dikarenakan kejadian resistensi yang tinggi, yang tentunya sukar diobati bila menginfeksi kembali. Adapun dosis yang digunakan untuk obat yang Anda gunakan sebagai pengobatan gonorea juga tidak tepat, karena dahulu penggunaannya adalah dengan dosis besar yang diberikan secara tunggal. Meskipun tampaknya memberikan efek pada Anda, penggunaan antibiotik sebaiknya mengikuti rekomendasi badan kesehatan yang berwenang. Untuk itu kami menyarankan agar Anda memperoleh pengobatan dari dokter.

Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter guna dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gonore, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar