Sukses

Haid Tidak Teratur
21 Mei 2017, 03:07 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya sebelumnya pernah bertanya kepada dokter prihal keterlambatan haid. Dengan berat badan saya saat ini (bb85,tb150) apa mungkin keterlambatan haid dipengaruhi oleh hal ini? Lalu kalo dibilang stres, saya tidak begitu stres hanya tugas-tugas kuliah biasa yang agak menumpuk. Dan kepala saya sering berat. Lalu akhir2 ini saya suka mengalami perih di perut bagian kanan. Lalu gimana ya dok? Apa solusi terbaik untuk saya?

Terima kasih telah bertanya mengenai menstruasi tidak teratur menggunakan fitur Tanya Dokter.

Terkait keluhan yang Anda alami, pertama-tama izinkan kami untuk menjelaskan sedikit mengenai siklus menstruasi/haid secara umum. Siklus haid umumnya dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Normalnya, siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari, dengan durasi selama 3-7 hari dan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, berdasarkan cerita yang Anda paparkan siklus haid Anda masih dalam batas normal.

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

Kehamilan
Stress dan depresi
Nutrisi yang kurang
Penurunan berat badan berlebihan
Olahraga berlebihan
Obesitas
Gangguan bagian tertentu pada otak yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon
Gangguan indung telur
Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll

Bila siklus Anda di luar batas normal, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeirksaan fisis secar langsung. Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Mengenai informasi yang Anda sampaikan mengenai berat badan, hal tersebut mungkin dapat berkontribusi. Namun, untuk memastikan penyebabnya dan menangani agar siklus menstruasi kembali teratur, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan secara langsung guna dilakukan wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan fisis secara langsung, dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai menstruasi tidak teratur, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar