Sukses

Menghitung Masa Subur, Bagaimana?
20 Mei 2017, 17:01 WIB
Pria, 20 tahun.

apakah 1 minggu sebelum datangnya haid itu masa sumburnya wanita?

Terima kasih telah bertanya mengenai menghitung masa subur menggunakan fitur Tanya Dokter.

Untuk mengetahui perkiraan masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung estimasi masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir.

Untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Lalu, hitunglah jumlah hari pada setiap siklus, dan catat jumlah hari pada siklus terpendek dan siklus terpanjang.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari pada siklus terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari pada siklus terpanjang – 11

Ovulasi akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Lakukan hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda melakukan hubungan seksual pada hari-hari tersebut. Kemudian, Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3x/minggu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai menghitung masa subur, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar