Sukses

Pertanyaan - #162448
20 Mei 2017, 16:04 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, sy ibu anak 1, saya bekerja di hotel yang mengharuskan berdiri 8-9 jam perhari. Kaki saya sering mengalami bengkak di daerah mata kaki dan di sekitar betis kluar benjol merah yang kalo ditekan sakit. Kadang juga di tangan skitar tulang siku2 juga mengalami seperti memar apabila d tekan ato di sentuh sakit tpi tidak menimbulkan warna. Sebelumnya sudah pernah cek k dokter tpi nihil hasilnya, cek asam urat jg nihil. Saat ini yang saya rasa kaki kiri bengkak disertai benjolan merah, kaki kanan bagian belakang lutut sakit apabila ditekan, dekat siku tangan kanan dan kiri ada benjolan tidak berwarna sakit. Apa penyebabnya ya Dok???

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar kaki Anda yang bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Tentunya keluhan bengkak di kaki Anda telah mengganggu pekerjaan Anda dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kami menduga bengkak kaki yang Anda alami terkait dengan kondisi pembuluh darah balik (vena) kaki Anda. Berbeda dengan pembuluh darah nadi (arteri), pembuluh darah vena tidak memiliki otot yang dapat berkontraksi untuk mengalirkan darah. Sehingga aliran darah vena sangat bergantung pada kontraksi otot di sekitarnya yang membantu aliran darah vena kembali ke jantung. Selain itu, pembuluh darah vena memiliki katup satu arah yang dapat mencegah aliran balik darah vena karena gaya gravitasi, yaitu saat duduk atau berdiri terlalu lama.

Penurunan aliran darah vena dapat disebabkan antara lain oleh sumbatan, kelemahan dinding pembuluh darah vena atau kerusakan katup vena, menyebabkan pembengkakan pada daerah yang terkena. Kondisi ini apabila dibiarkan pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi dan peradangan.

"Apakah Anda merasakan nyeri pada daerah yang bengkak?"

"Apakah daerah tersebut tampak merah/kebiruan?" dsb

Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG duplex atau venogram untuk menilai kondisi pembuluh darah vena Anda dan memastikan dugaan di atas. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kembali ke dokter Anda atau dokter spesialis bedah vaskular (pembuluh darah) untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Tidak ada posisi duduk tertentu yang dapat mencegah pembengkakan pada kaki Anda. Cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan peregangan dan berjalan secara periodik (jangan biarkan Anda terpaku pada satu posisi berdiri atau duduk lama tanpa diselingi berjalan/ mengontraksikan otot kaki), atau menggunakan stocking kompresi untuk membantu aliran darah vena ke jantung. Selain itu, cobalah posisikan kedua kaki Anda sedikit lebih tinggi dari jantung apabila Anda hendak tidur.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar kaki bengkak ini. Semoga bermanfaat.

Salam,

    1 Komentar

    • Tresna Dewi

      Dr. Aldo,, makasi bnyak dok sudah menjawab pertnyaan yg sy tdk dpat d dokter umum terdekat sy, Ya saya memang mengalami nyeri di daerah bengkaknya dan warna merah..