Sukses

Pertanyaan - #162447
20 Mei 2017, 16:00 WIB
Pria, 26 tahun.

jika terkena gejala seperti mata berawan kalau melihat sinar/cahaya yang terang apakah itu penyakit katarak? tetapi gejala lainnya belum muncul dan jika iya apakah ada obatnya selain operasi

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar gejala katarak melalui fitur Tanya Dokter.

Katarak merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya kekeruhan pada lensa mata. Normalnya, lensa mata adalah organ yang bening dan mampu meneruskan cahaya hingga seseorang dapat melihat dengan jelas. Saat terjadi kekeruhan, penglihatan akan berangsur-angsur menurun. Disebutkan bahwa hampir separuh (50%) orang-orang yang berusia 65-74 tahun telah mengalami katarak. Kejadian katarak meningkat sebanyak 70% untuk orang-orang yang berusia lebih dari 75 tahun. Berikut adalah gejala-gejala dari katarak:

-->Penglihatan seperti berawan
-->‘Penglihatan kedua’, yaitu perasaan seperti memperoleh perbaikan penglihatan untuk melihat dekat. -->Pasien tadinya merasa kesulitan untuk melihat dekat. Oleh karena kekeruhan lensa meningkatkan kekuatan fokus mata, terjadinya pergeseran dan pasien menjadi mampu melihat dekat.
-->Silau
-->Kadang memberikan gejala pandangan ganda (melihat suatu objek seperti dobel)

Dari konsultasi online saja kita tidak dapat memastikan apakah anda terkena masalah katarak atau tidak. Perlu dikonsultasikan langsung ke dokter untuk memastikan apa yang menyebabkan gejala Anda ini. Umumnya katarak pada stadium awal dapat dioperasi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar katarak. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar