Sukses

Nyeri Perut Atas, Mengapa?
20 Mei 2017, 15:38 WIB
Pria, 26 tahun.

Pagi dok, saya mau tanya. Kenapa perut bagian kanan atas dan tengah atas saya terkadang rasanya seperti ditekan sangat keras. Untuk bergerak/pindah tempat/batuk/tertawa rasanya sakit. Bisa sembuh sendiri sekitar 2 menit jika saya duduk diam dan mengatur napas. Sering terjadi mendadak ketika saya duduk. Apa yang menyebabkan rasa sakit itu dok? Saya juga baru rutin minum air putih 2 tahun. Sebelumnya memilih minum kopi, teh, dan minuman bersoda. Apakah hal ini berpengaruh dok? Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai nyeri perut atas menggunakan fitur Tanya Dokter.

Terkait keluhan yang dialami oleh Anda, ada beberapa informasi yang kami butuhkan, seperti apa saja keluhan yang dirasakan oleh Anda, sudah berapa lama keluhan dirasakan, apakah dirasakan terus-menerus atau hilang timbul, apa saja faktor-faktor yang memicu timbulnya keluhan tersebut, apakah ada riwayat trauma, dan sebagainya. Tentunya juga dibutuhkan pemeriksaan fisis secara langsung untuk dapat menentukan diagnosis.

Keluhan nyeri pada perut bagian atas kanan ataupun kiri dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut. Pada abdomen bagian kanan atas, organ-organ yang terdapat adalah kulit, otot, hati, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga), sedangkan pada abdomen bagian kiri atas, organ-organ yang terdapat adalah kulit, otot, lambung, limpa, dan tulang. Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Karena keluhan yang dialami oleh Anda dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung agar dapat menentukan diagnosis yang tepat dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri perut atas, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar