Sukses

Pertanyaan - #162436
20 Mei 2017, 15:07 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok, apakah ambeien dapat disembuhkan tanpa di operasi?

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya tentang ambeien melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Ambeien atau Hemoroid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.

Hemoroid dibagi menjadi 2 tipe :

1. Hemoroid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.

2. Hemoroid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes.

Sebenarnya tidak ada efek samping yang membahayakan dari operasi ambeien untuk kedua kalinya. Namun agar wasir tak terulang lagi, Anda disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak serat dan air putih agar BAB lebih lancar dan tidak membuat wasir kambuh.

Apabila kasus hemorrhoid anda masih masuk dalam derajat ringan (hemorroid derajat awal) maka pengobatan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang berserat. Makanan apa saja yang berserat? Makanan seperti sayur bayam adalah salah satunya. Hemorrhoid yang masuk derajat berat perlu penanganan dengan operasi. Untuk itu, sebaiknya perlu dikonsultasikan ke dokter spesialis bedah untuk mendapatkan penagnanan lanjutan.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang ambeien. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar