Sukses

Masih Keluar ASI Padahal Anak Sudah 12 Tahun
19 Mei 2017, 13:01 WIB
Pria, 20 tahun.

Salam Dokter...Maaf mau tanya.. Kenapa sampe usia 40 th masih keluar Asi padahal anak bungsu saya sudah berusia 12 th. Terima kasih sebelumnya.

Terimakasih telah bertanya seputar ASI melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sejumlah kecil ASI atau cairan bening dapat keluar dari payudara selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun dari seorang wanita yang sudah berhenti menyusui. Jumlahnya sangat kecil dan pengeluaran spontan (tanpa distimulasi/diperah/dipencet) biasanya berhenti dalam 2-3 minggu setelah berhenti menyusui. Ibu yang menyusui dalam waktu lama masih dapat mengeluarkan ASI dalam waktu yang lebih lama pula setelah periode penyapihan. Berbagai macam stimulasi seperti memeriksa payudara sendiri, gesekan dengan bra, stimulasi saat hubungan intim, dapat membuat ASI diproduksi kembali.

Bila produksi ASI sudah berhenti setelah penyapihan dan kemudian muncul kembali, ini bisa disebabkan karena kehamilan yang baru (atau akibat keguguran yang baru saja terjadi).

Segera kunjungi dokter apabila:

  • Anda masih memproduksi sejumlah ASI yang cukup, 6 bulan setelah penyapihan atau ASI kembali diproduksi secara spontan (dan tidak berhubungan dengan kehamilan yang baru)
  • ASI kembali diproduksi dan tidak hamil
  • Cairan yang keluar dari payudara tidak nampak seperti ASI:
    • Cairan berwarna hijau dan lengket - biasa disebabkan oleh kondisi jinak yang disebut dengan ektasia duktus
    • Cairan mengandung nanah - akibat mastitis (peradangan payudara) atau abses
    • Cairan berwarna kuning/pink atau kemerahan seperti darah

Bila yang keluar bukan ASI, umumya disebabkan oleh kondisi jinak pada payudara. Namun, untuk mengetahui penyebab pasti yang Anda alami, sebaiknya periksakan kepada dokter, bisa dengan dokter kandungan atau dokter penyakit dalam. Bila memang ada infeksi pada payudara (mastitis) harus segera ditangani. 

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar ASI. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar