Sukses

Cara Mengatasi Kapalan
22 Apr 2017, 08:15 WIB
Wanita, 17 tahun.

Saya punya kapalan di kaki saya selama 9 tahun. Sekarang sudah menjadi sangat tebal. Apa yang bisa saya lakukan dirumah untuk menghilangkan kapalan saya ini?

Terima kasih telah bertanya tentang cara mengatasi kapalan di kaki melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kapalan merupakan penebalan kulit yang terjadi akibat penekanan dalam waktu yang lama atau gesekan yang terus menerus di lokasi yang sama. Kapalan biasanya tidak berhubungan dengan penyakit serius atau berbahaya, tetapi dapat mengganggu karena mungkin terasa sakit saat berjalan. 

Untuk mencegah kapalan gunakan lotion secara teratur di bagian yang kapalan. Lotion berfungsi untuk melembapkan kulit sehingga terhindar dari kapalan. Bila Anda sudah mengalami kapalan hal-hal yang dapat lakukan adalah

  • Rendam kaki dengan air hangat,
  • Kemudian gosok perlahan menggunakan batu apung pada daerah yang kapalan.
  • Jangan pernah menggunting kapalan. dengan menggunakan pisau sendiri. Karena selain berisiko infeksi karena tidak sterilnya alat, luka yang berpotensi muncul akan menyulitkan di kemudian hari, khususnya para penyandang diabetes.

Bila Anda merupakan penderita penyakit kronis seperti diabetes mellitus, penyakit arteri perifer, dsb disarankan untuk kontrol ke dokter guna evaluasi penyakit Anda tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi kapalan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar