Sukses

Dapatkah Hamil Setelah Lepas KB
22 Apr 2017, 08:16 WIB
Pria, 24 tahun.

Pagi dok sya mau tanya .. Apakah bisa hamil stelah lepas kb 3 bln tpi cmn 1 kali suntik sblm ny saya prnh kb 3 bln dok slma 2 thn tp sya lpas kb jg slama 2 thn .. trs stlah 2 thn lpas kb haid normal dn kmren kb 3 bln cmn 1 x suntik.an dn skg gha f kb lagi apa bisa hamil dok terima kasih sebelum nya

Terima kasih telah bertanya tentang hamil setelah lepas KB suntik melalui fitur Tanya Dokter. 

Kembalinya kesuburan setelah lepas KB berbeda-beda tergantung metode KB yang digunakan. Secara garis besar terdapat dua macam metode KB yaitu yang hormonal dan non-hormonal. KB hormonal terdiri dari pil KB, KB implan dan KB suntik. Sedangkan KB non hormonal terdiri dari IUD (spiral) dan tubektomi (kontrasepsi mantap/steril).

Secara teori, kesuburan akan kembali dalam 2 minggu setelah KB hormonal dihentikan. Tetapi kenyataannya, ini bisa bervariasi dari 3 bulan hingga 1 tahun setelah dihentikan. Indikator kesuburan telah kembali ialah siklus haid yang sudah kembali normal/teratur.

Sedangkan untuk KB non hormonal (dalam hal ini penggunaan IUD/spiral), umumnya kesuburan akan kembali segera setelah IUD/spiral dilepas. Karena KB ini sifatnya mekanik, tidak akan menganggu siklus haid sehingga kesuburan dapat segera kembali.

Pada kasus Anda, tentunya Anda sangat bisa untuk hamil lagi setelah lepas KB implan, dengan catatan tidak terdapat gangguan atau penyakit yang membuat Anda sulit hamil.

Jika Anda merencanakan kehamilan, kami anjurkan untuk melakukannya bersama dengan dokter kandungan Anda agar persiapan dan masa kehamilan berjalan baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kehamilan setelah lepas KB suntik. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar